URUS AKTA LAHIR SETAHUN TAK SELESAI

Kadis DukcapilLabuhanbatu tak Masuk Kantor Berbulan-bulan

LABUHANBATU-Pengurusan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyebalkan. Bagaimana tidak, seorang warga Lingkungan Aeksiranda Kelurahan Siringoringo Kecamatan Rantau Utara hampir setahun menanti kesiapan akta kelahiran anaknya.

Kepada Sumut Pos, Selasa (18/9) menceritakan, istrinya sudah mengusulkan dan melengkapi berkas pengurusan akta lahir anaknya pada 25 Oktober 2011 lalu. Namun, hingga kini tidak kunjung selesai. “Bayangi saja, masak mengurus surat begitu hampir setahun, itupun tidak selesai juga,” kata Mugimin di Rantauprapat.

Kabar belum selesainya akta kelahiran anaknya itu, sudah berulangkali dipertanyakan istrinya. Hampir setiap bulan ke dinas terkait, namun selalu mendapat kabar bahwa belum selesai. Parahnya, belakangan diberitahukan salah seorang pegawai di sana, bahwa berkas yang sudah dilengkapinya dan diserahkan dengan tanda bukti penerimaan itu tidak ditemukan.

Ditambahkannya, istrinya sempat lega disaat petugas meminta kembali data dan menulisnya di kertas dengan catatan jika petugas menemukan nama anaknya, dirinya akan dikabari. “Kalau rumah kami di samping kantor ini saya kira tidak masalah. Tetapi ini jauh dan berapa sudah biaya yang kami keluarkan hanya untuk itu,” kesalnya lagi.

Padahal tambah Mugimin lagi, pengurusan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan akta lahir sudah digratiskan pemerintah setempat. Namun dikarenakan kurang becusnya petugas menyelesaikan tugasnya, warga akhirnya harus mengeluarkan biaya yang hampir sama besar. “Lengkap saja berkasnya begini, apalagi tidak lengkap, mungkin berapa lagi yang harus kita keluarkan,” ketusnya lagi.

Untuk itu dirinya meminta kepada pejabat setempat agar selalu mementingkan kepentingan warga dibanding dengan kepentingan pribadi, terlebih jika lembaga itu mempunyai tugas pelayanan.

“Karena kalau tahun ini kan sudah di pengadilan ngurusnya. Jadi tolonglah kalau masyarakat jangan dipersulit untuk berurusan dan kepada pejabat untuk lebih baik melayani warga,” harapnya.

Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Pemkab Labuhanbatu Karlos Siahaan saat ingin ditemui di kantornya masih di rumah karena sakit beberapa bulan lamanya. “Belum masuk kantor, karena bapak kan baru pulang berobat dari luar, jadi masih istirahatlah. Lain kali saja datangnya,” saran seorang pegawai, Selasa (18/9) kepada Sumut Pos. (mag-16)
sumber: hariansumutpos

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *