RENOVASI MASJID AGUNG BINJAI DIUSULKAN RP50 M

BINJAI-Masjid Agung Kota Binjai rencananya akan direnovasi total oleh Pemerintah Kota Binjai. Tak tanggung-tanggung, dana untuk meronvasi masjid tertua ketiga di Kota Rambutan ini diusulkan dalam APBD tahun 2013 mendatang sebesar Rp50 miliar.
Ketua Panitia renovasi Masjid Agung Binjai, Iriadi Irawadi, mengatakan bahwa rencana pembangunan Masjid Agung itu sudah di lakukan dengan berbagai pertimbangan. “Pembangunan atau renovasi total Masjid Agung juga bertujuan untuk memperbesar dan memperindah masjid sebagai tempat ibadah yang nyaman serta menjadi ikon Kota Binjai,” ungkap Iriadi yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Binjai, Selasa (18/9).

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba SH, mengaku sangat setuju dengan rencana renovasi total Masjid Agung. Sebab menurutnya, lokasi Masjid Agung Binjai saat ini sudah sewajarnya direnovasi, termasuk perluasan Masjid.

Lebih jauh dikatakan Zainuddin, panitia harus punya motivasi tinggi dan kejujuran dalam melakukan renovasi rumah ibadah kebanggaan masyarakat Binjai khususnya bagi yang beragama muslim. Sehingga masyarakat benar-benar akan membantu pelaksanaan pembangunan.

“Saya dan anggota DPRD Binjai lainnya siap membantu, apalagi renovasi ini mendapat dukungan dari anggota DPR RI H Imral Muhtar. Putra asal Tanjungpura Langkat itu berjanji akan membantu melalui jalurnya di DPR RI,” ungkap Zainuddin Purba.

Wali Kota Binjai HM Idaham SH, MSi, juga menyatakan kesiapannya menerima amanah ulama, ustad dan masyarakat  Islam Kota Binjai untuk membangun Masjid Agung. “Masjid Agung akan dibangun dengan desain yang modern dan pembiayaan masih dalam taksiran sekitar Rp50 milyar,” kata HM Idaham.
Untuk tahap pertama, kata HM Idaham, akan diberikan bantuan pembuatan desain dan direncanakan dana pembangunan di anggarkan dalam APBD Kota Binjai 2013 , sebesar Rp5 milyar.

“Sedangkan dana lainnya akan diusahakan dari pemerintah pusat, Pemprovsu serta masyarakat dan pihak ketiga yang ingin berinfaq atau berwaqaf,”ungkap Idaham seraya mengatakan, yakin jika potensi ulama dan umara bekerja bersama, insya Allah pembangunan Masjid Agung bisa terselesaikan dengan baik.
Sebelumnya, Senin (17/9) malam di Aula Pemko Binjai, dilakukan rapat yang membahas serta membentuk panitia renovasi Masjid Agung. Dan dalam rapat tersebut, ditunjuklah Ketua Panitia Renovasi Ir Iriadi Irawadi, yang juga Kadis PU Binjai.(ndi)
sumber: hariansumutpos

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *