PENYAKIT JANGKITI PENGUNGSI DI TENDA DARURAT

Banjir dan Longsor di Padang

PADANG–MICOM: Korban banjir bandang dan tanah longsor yang tinggal di tenda darurat di Batu Busuk, Kecamatan Pauh, Kota Padang mulai terserang berbagai jenis penyakit karena cuaca yang terus berubah-ubah.

Salah seorang dokter yang bertugas di lokasi bencana Febrita Joniarti, Minggu (16/9), mengatakan dari hasil pemeriksaan banyak korban banjir dan tanah longsor yang terserang penyakit.

“Kebanyakan yang datang berobat di tenda tim medis menderita ISPA, flu, rematik, suhu tubuh yang turun, penyakit kulit, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan pernafasan serta kebersihan,” katanya.

Untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang dikeluhkan warga, saat ini di posko kesehatan yang ada di lokasi kejadian telah menyediakan berbagai macam obat-obatan.

Berdasarkan data di posko kesehatan di lokasi tersebut, jumlah warga yang mengeluhkan berbagai penyakit pascabencana telah mencapai 148 orang, dimana hampir setengahnya menderita ISPA.

“Juga ada yang terkena penyakit kulit diduga karena rumah-rumah warga belum dibersihkan, serta masih seringnya turun hujan di lokasi sehingga kelembaban udara memicu timbulnya berbagai penyakit kulit,” ujarnya.

Hingga kini tercatat puluhan warga masih tinggal di tenda-tenda darurat yang disediakan pemerintahan setempat. Selain itu juga banyak warga yang memanfaatkan air sungai yang belum sepenuhnya bersih pascabanjir untuk membersihkan diri.

Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pada 12 September 2012 mengakibatkan empat warga Kampung Ubi, Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh meninggal dunia.

Berdasarkan data BPBD Kota Padang, kerugian material akibat bencana alam tersebut diperkirakan mencapai Rp9,12 miliar. (Ant/OL-2)
sumber: mediaindonesia

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *