HUTAN LINDUNG MAKAM CUT MEUTIA DIRUSAK AKSI PEMBALAKAN LIAR

ACEH UTARA–MICOM: Aksi pembalakan hutan secara liar di kawasan hutan lindung makam Cut Meutia, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, semakin meraja lela. Kondisi hutan yang sebelumnya rimbun telah gundul akibat dirambah sejak lima tahun terakhir.

Berdasarkan penelusuran Media Indonesia, para pembalak telah merambah hutan lindung itu hingga ke kawasan perbatasan Kabupaten Bener-Meriah-Aceh Utara. Perambahan dilakukan dari berbagai arah mulai dari Pirak Timu, Cot Girek, dan Kecamatan Paya Bakong.

Sebagian pembalak mengggunakan mesin chinsau ukuran kecil agar tidak terdengar suara lebih besar. Sebagian lainnya yang beroperasi di tengah hutan memakai mesin chinsau ukuran bersar.

Setelah diolah setengah jadi, kayu rimba itu diangkut melalui jalan setapak dan jalan makam Cut Meutia, menuju pinggiran hutan kemudian diangkut menggunakan sepeda motor yang telah didesain khusus. “Kami takut melarang aksi mereka, apalagi itu terorganisir oleh kelompok tertentu,” kata Abdullah warga sekitar hutan di Pirak Timur, Minggu (16/9).

Para pembalak itu ditenggarai dibiayai oleh penampung atau toke kayu. Pembalak dan pengangkut haya pekerja yang memiliki penampung dan pemberi modal. Mereka memiliki jaringan dari pihak tertentu.

Pantauan Media Indonesia beberapa hari pekan lalu para pekeerja mengakut kayu dari pinggiran hutan degan cara melalaui jalan kecil atau lorong di perkampungan warga. Kayu tersebut disebar ke kilang kayu dan dijual langsung kepada siapa saja yang memerlukan.

Warga mengharapkan pemerintah serius memberantas penebang kayu di  hutan lindung kawasan makam Cut Mutia. Apalagi di daerah hilir empat aliran sungai Krueng Keureutoe, Krueng Pirak dan Sungai Krueng Peutoe, sering terjadi banjir besar.

“Jangan ada  yang bermain dengan penderitaan mayarakat ramai. Ini sudah sangat khawatir, setiap musim hujan di hulu sungai, selalu terendam permukiman warga daerah hilir di Kecamatan Matangkuli, Tanah Luas dan Kecamatan Lhok Sukon,”kKata Bustamam, tokoh masyarakat di Matangkuli. (MR/OL-8)
sumber: mediaindonesia

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to HUTAN LINDUNG MAKAM CUT MEUTIA DIRUSAK AKSI PEMBALAKAN LIAR

  1. Pingback: kardinal stick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *