GEMPA 5,2 SR GUNCANG LAMPUNG BARAT

BANDAR LAMPUNG–MICOM: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi dengan kekuatan 5,2 pada skala Richter pada Selasa (18/9) pukul 10.23 WIB di 152 km barat daya Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Menurut BMKG, seperti disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung, Chrismanto, gempa itu berada pada wilayah koordinat 6.37 derajat Lintang Selatan (LS) dan 103.57 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman pusat gempa (episentrum) 10 km.

Lokasi gempa itu di 152 km barat daya Liwa, Lampung Barat; 170 km barat daya Tanggamus; 193 km barat daya Pringsewu; 208 km barat daya Kota Bandarlampung, Lampung; dan 359 km barat daya Jakarta.

BMKG menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Belum diperoleh laporan dari Kabupaten Lampung Barat dan Pringsewu berkaitan dampak gempa itu terhadap permukiman warga setempat.

Sementara itu, gempa juga mengguncang wilayah Laut Maluku pada pukul 09.46 WITA. Gempa berkekuatan 5,1 SR tersebut berada di kedalaman 13 kilometer, dan posisinya 100 kilometer arah timur Kota Bitung. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sebelumnya, gempa pada 5,1 SR juga menggoyang tenggara Bitung, Sulawesi Utara,  pukul 08.46 WIB. (Ant/wt/X-13)
sumber: mediaindonesia

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *