TIGA RS PTPN II RAIH AKREDITASI

DELI SERDANG – Sejumlah tiga rumah sakit milik PT Perkebunan Nusantara II di Sumatera Utara berhasil meraih sertifikat akreditasi dari Kementerian Kesehatan.

Menurut Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II Komaruzzaman di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, sertifikat akreditasi diperoleh tiga rumah sakit PTPN II karena dinilai memenuhi standar mutu yang ditentukan.

Disebutkan, tiga rumah sakit PTPN II yang memperoleh sertifikat akreditasi, masing-masing Rumah Sakit (RS) GL Tobing di Tanjung Morawa, RS Bangkatan di Kota Binjai, dan RS Tanjung Selamat di Kabupaten Langkat. “Kami berharap ke depan pelayanan tiga rumah sakit tersebut bertambah baik,” ujarnya hari ini.

Untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan, pihaknya mengingatkan segenap jajaran manajemen tiga rumah sakit milik BUMN yang bergerak di bidang perkebunan itu agar senantiasa mampu meningkatkan kerja sama dalam membangun sistim dan budaya mutu.

Komaruzzaman menambahkan, penilaian akreditasi terhadap tiga rumah sakit PTPN II itu sebelumnya dilakukan tim independen pada 11 Juli hingga 13 Juli 2012.

Kriteria penilaian dasar meliputi, antara lain administrasi dan manajemen, rekam medik, pelayanan unit gawat darurat, dan pelayanan Kesehatan.

Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah kepada rumah sakit karena telah memenuhi standar mutu yang ditentukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Sedangkan KARS adalah lembaga independen pelaksana akreditasi rumah sakit yang bersifat fungsional, non-struktural dan bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan.

Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menyebutkan, sekitar 70 persen dari 180 rumah sakit di daerah itu belum terakreditasi.

Sementara itu, Sosiolog Universitas Sumatera Utara (USU) Badaruddin di Medan, baru-baru ini, mengatakan bahwa seluruh rumah sakit di provinsi itu seharusnya telah memiliki sertifikat akreditasi. “Sertifikat akreditasi penting dimiliki oleh setiap rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien,” ujarnya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *