PERAYAAN HUT GBKP KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN KE-38 MERIAH

Pada hari Sabtu yang lalu tanggal 15 September 2012 telah dilaksanakan untuk pertama kalinya perayaan HUT GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) Kebayoran Lama Ke-38 dan sekaligus untuk Peluncuran Buku Sejarah berdirinya gereja tersebut pada tanggal 15 September 1974.
Acara  dimulai dengan acara kebaktian oleh ibu Pdt. Ratna Sriany bru Sembiring Meliala STh, MA, M.Min pada jam 17.00 wib dan dilanjutkan dengan khotbah oleh Pdt. Matius Panji Barus, M.Th selaku Ketua Moderamen GBKP yang berpusat di Kabanjahe Kabupaten Karo, Sumut dengan thema “Bertumbuh, Berakar dan Berbuah”,  yang diselingi dengan lagu-lagu pujian dan tarian adat Batak Karo oleh KAKR, Permata, Moria , Mamre maupun Lansia yang berlangsung cukup meriah dan khikmah.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh para pendiri maupun para keluarga ahli waris termasuk keluarga RO. Sembiring yang dulu ikut merintis berdirinya gereja tersebut yang pada waktu itu utamanya  oleh para karyawan bus kota SAUDARANTA salah satu operator bus kota DKI Jakarta tahun 1970-an , yang salah satu Pool-nya berlokasi di daerah jalan Ciputat raya yang sejajar dengan Polsek Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Berdirinya gereja tersebut tidak terlepas dari peran bapak Alm. Raja Oekum (R.O) Sembiring  Meliala yang berasal dari desa Berastepu, Kabupaten Karo selaku pemilik dan pendiri perusahaan bus kota DKI. Jakarta PT. SAUDARANTA. Walaupun perusahaan ini sudah tidak beroperasi di DKI. Jakarta dan yang tinggal hanya PT. MAYASARIBHAKTI, dampak positif khusus untuk suku Batak Karo masih terasa sampai saat ini yaitu  pemukiman PENINGGARAN di Kebayoran Lama yang banyak dihuni oleh suku Batak Karo, dan lokasi GBKP Kebayoran Lama yang sekarang merayakan HUT-nya ke-38 berlokasi disekitar daearah tersebut.

Disamping itu juga tidak ketinggal acara tersebut dihadiri utusan gereja tetangga seperti HKBP (Huria Kristen Batak Protestan)  Kebayoran Lama yang pada tahun 1970-an telah dengan senang hati meminjamkan gerejanya yang berlokasi dibelakang Pool Saudaranta untuk dipergunakan untuk kebaktian GBKP Kebayoran Lama pada setiap hari minggu selama bertahun-tahun. Juga tidak ketinggalan di hadiri oleh gereja tetangga seperti GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun) maupun gereja GBKP Klasis Jakarta Banten maupun Klasis Jakarta Bandung.
Acara tersebut berlangsung sampai jam 22.00 yang meriah karena dipandu oleh MC. Berlin Panjaitan yang fasih berbahasa Karo karena ibunya berdarah suku batak Karo. (adm)

 

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo, Momo Man Banta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *