KELOMPOK TERNAK SEDAR JUARA I SUMUT

LANGKAT – Kelompok ternak Sedar Desa Namuterasi, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, meraih peringkat terbaik I pada perlombaan kelompok ternak agro bisnis yang diselenggarakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Utara.

“Kelompok ternak Sedar ini keluar sebagai juara I Sumatera Utara,” kata Kepala Bidang Agro Bisnis Dinas Peternakan Langkat, Laura Evalina Kataren di Stabat, hari ini.

Dia mengatakan, kelompok ternak Sedar ini, diusulkan mewakili Langkat, untuk mengikuti penilaian pada perlombaan kelompok ternak agro bisnis se-Sumatera Utara.

“Tentu keberhasilan ini sangat membanggakan, karena menyisihkan berbagai kelompok ternak agro bisnis lainnya yang ada di wilayah Sumatera Utara ini,” katanya.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan instansinya selama ini, sehingga keberhasilan ini patut disyukuri. Kelompok ternak Sedar ini juga akan diikutsertakan dalam perlombaan tingkat nasional, mewakili Sumatera Utara, ungkapnya.

Laura menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap berbagai kelompok ternak agro bisnis lainnya, sehingga nantinya mampu pula berbicara pada kegiatan lainnya.

Ketua kelompok ternak Sedar Desa Namuterasi Kecamatan Sei Bingei Langkat, T M Daniel Sembiring mengatakan kebanggaannya atas terpilihnya kelompoknya menjadi yang terbaik di Sumatera Utara.

Dia menjelaskan bahwa kelompok ternaknya beranggotakan 18 orang anggota, dengan 84 ekor lembu, yang kesemuanya dikelola oleh anggota kelompok.

Menyangkut pengadaan pakan bagi ternak kelompoknya berasal dari tunggul jagung, dedak, bungkil sawit maupun bungkil kelapa. “Kalau pakan cukup banyak tersedia di desa,” katanya.

Ketika disinggung berapa harga jual ternak yang dikelola kelompoknya, Sembiring menjelaskan, kalau beratnya 60 kilogram hidup dijual per kilogram Rp32.000,- Sedangkan kalau runtuh dagingnya, maka harga penjualannya mencapai Rp90.000,- per kilogram.

Di masa mendatang diharapkan perhatian pemerintah Kabupaten Langkat, dalam hal ini Dinas Peternakan untuk memberikan ternak sapi unggul, untuk dikembangkan oleh kelompok ternaknya maupun kelompok lainnya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *