SURVEI SMRC: JOKOWI KALAH GANTENG DARI FOKE, TAPI LEBIH RAMAH

Jakarta Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengadakan survei menyambut putaran dua Pilgub DKI Jakarta. Calon gubernur Fauzi Bowo (Foke) mayoritas masyarakat lebih ganteng ketimbang rivalnya, Joko Widodo (Jokowi).

“Fauzi Bowo cenderung unggul citra berwibawa, enak dipandang, dan tidak cacat moral. Sedangkan Jokowi unggul dalam citra bisa dipercaya dan bersih dari korupsi, menyenangkan, ramah, hangat, dan perhatian kepada rakyat,” demikian temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipublikasikan melalui situs resminya saifulmujani.com, Sabtu (15/9/2012).

Survei ini juga menyimpulkan Warga DKI hampir semuanya sudah mengenal Foke (95 persen) di atas Jokowi yang baru dikenal (83 persen). Namun demikian kualitas popularitas Jokowi sedikit lebih di atas Foke, yang suka pada Jokowi (diantara yang tahu) sekitar 71 persen dan yang suka pada Foke (67 persen).

Survei ini diadakan dalam kurun waktu 7-11 September 2012. Sampel awal yang digunakan 1.000 responden yang dipilih secara acak dari data pemilih tetap Pilgub DKI. Dari target 1.000 responden, sebanyak 501 orang berhasil diwawancarai, sisanya 499 orang tidak bisa diwawancarai

karena berbagai alasan.

Berdasarkan survei ini, 67 persen responden menilai Foke terlihat ganteng dan enak dipandang. Sementara Jokowi hanya digandrungi (51) persen responden, disusul Nachrowi Ramli (Nara) dengan 62 persen dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan 65 persen. Sebanyak 74 persen responden memandang Foke berwibawa, sementara 68 persen responden memandang Jokowi berwibawa. Nara dinilai berwibawa oleh 71 persen responden disusul Ahok dengan 63 persen responden.

Foke dinilai mampu memimpin oleh 57 persen responden, Jokowi sedikit di atas dengan 58 persen responden. Sementara Nara yang dipuji 51 persen responden bersaing tipis dengan Ahok yang didukung 50 persen responden seoal kewibawaannya. Jokowi dianggap 57 persen responden lebih bersih dari korupsi dari Foke (46 persen). Sementara Nara dan Ahok sama-sama dinilai bersih dari korupsi oleh 43 persen responden.

Sebanyak 80 persen responden menilai Foke pintar dan berwawasan luas, sementara Jokowi dinilai oleh 79 persen responden berwawasan luas. Sementara Nara didukung 61 persen responden disusul Ahok yang dianggap pintar oleh 73 persen responden.Jokowi dianggap sebagai cagub yang menyenangkan, hangat, dan ramah oleh 74 persen responden, diatas Foke (63 persen). Sementara Nara (53 persen responden) bersaing tipis dengan Ahok (56 persen).

Sebanyak 75 persen responden menilai Jokowi perhatian kepada rakyat. Sementara Foke dinilai 60 persen responden perhatian kepada rakyat, disusul Ahok (52 persen), dan Nara (45 persen). Foke juga dipandang oleh 64 responden sebagai cagub yang tegas, Jokowi dinilai tegas oleh 63 persen responden, disusul Nara (61 persen), dan Ahok (54 persen).
sumber : detikcom

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *