KORBAN PUTING BELIUNG TERIMA BANTUAN DARI BUPATI SERGAI

*Korban Luka 7, Tewas 1 Orang, 33 Rumah Rusak

TEBINGTINGGI (Berita) : Bupati Serdang Bedagai HT Erry Nuradi bersama Wakil Bupati, H Soekirman dan Sekda, H. Haris Fadillah serta Kepala Badan BPBD, Joni W Manik dan rombongan langsung meninjau Posko bencana di Dusun I,Desa Paya Lombang,Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai,Kamis (13/9) sekaligus memberikan sejumlah kebutuhan pokok (sembako) untuk warga yang tertimpa musibah.

Selain itu turut hadir, Tzu Chi, PTPN3 Kebun Rambutan, mereka  membantu warga yang tertimpa musibah warga yang menjadi korban ganasnya angin puting beliung. Dalam sambutannya, bupati mengatakan bencana angin puting beliung yang menimpa Kecamatan Tebing Tinggi sudah dua kali terjadi. Pertama pada bulan Juni 2012 lalu menimpa puluhan rumah di Kampung Kuningan,Desa Paya Lombang.

“Bencana kali ini,tiga desa tertimpa bencana alam puting beliung,Desa Paya Lombang 63 rumah rusak,Desa Kutabaru 5 unit rumah warga rusak dan Desa Paya Mabar sebanyak 5 unit rumah. Total semuanya,72 rumah. Rusak berat sebanyak 31 unit rumah dan rusak sedang 41 unit,”jelas Ery.

Dalam menangani bencana ini, kita harus memperhitungkan tiga hal penting, kata Ery Nuradi, diantaranya  fase Sar yaitu mencari dan menyelamatkan warga. Fase relif atau tanggap darurat yaitu masalah kesehatan,makanan,minuman dan keperluan warga dan fase rehap (rekon) yaitu mendata rumah rusak berat,sedang ringan untuk dibangun kembali menggunakan dana APBD Kabupaten Serdang Bedagai.

“Perlu juga fase konseling yaitu fase dimana pemulihan kejiawaan warga khusunya para anak-anak yang mengalami trauma akibat kejadian bencana tersebut,”jelas Ery kembali.

Informasi yang dihimpun Berita, musibah angin  puting beliung disertai hujan lebat yang menghantam Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, terjadi pada Rabu kemarin (12/9) sekitar pukul 15:30 WIB, yang mengakibatkan  puluhan rumah mengalami rusak berat, sedang dan  ringan.

Camat Tebing Tinggi, Drs. Ramadhan Purba mengatakan akibat bencana angin puting beliung  berdasarkan data sementara di 9 Dusun Desa Paya Lombang, 33 rumah mengalami rusak berat dan ringan dan beberapa warga ada yang terluka.

Selain itu, musibah kali ini juga merenggut korban jiwa, yaitu, Heriono ,14, tewas tersambar petir dan  7 warga mengalami luka-luka. Pada saat ini, semuanya telah mendapatkan perawatan medis dirumah sakit dan Puskesmas terdekat.

Secara psikologis para korban yang mengalami musibah mengaku pasrah, seperti yang diungkapkan  salah satu keluarga, Suparman ,40,  dan istrinya Kartina ,38,  warga Gang Ikhlas,Dusun I,Desa Paya Lombang, mereka mengaku pasrah melihat kondisi rumahnya ambruk total diterpa angin puting  beliung.Menurutnya,peralatan rumah tangga mulai dari peratan dapur,tempat tidur,barang-barang elektronik dan sepeda motor tidak sempat diselamatkan dan masih tertimpa atap bangunan.

“Bisa selamat nyawa kami sekelurga saja kami sudah bersyukur Pak. Angin dengan kekuatan dahsyat langsung merobohkan rumah kami.Semuanya rusak,tinggal baju melekat dibadan,” ucap Suparman kepada wartawan.(anw/dro)
sumber: beritasore

 

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *