DUA PENYELAM CARI KORBAN KAPAL TERBAKAR DI DUMAI

DUMAI–MICOM: Dua penyelam yang diterjunkan ke dasar laut hingga kini belum berhasil menemukan jasad manusia di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) terbakarnya dua kapal kargo maupun di bangkai kapal di Pelabuhan Dumai, Riau.

“Dalam upaya pencarian korban kapal terbakar sejauh ini hanya menemukan sekop dan kunci kamar mesin,” kata Kepala Sub Seksi Operasi Kantor Badan Search and Rescue (SAR) Nasional Pekanbaru Abdul Malik di Kota Dumai, Kamis (13/9).

Ia mengatakan, upaya pencarian korban mengalami kendala akibat tumpukan besi cran kapal dan pecahan kayu lambung kapal yang berserakan di TKP. “Pencarian akan dilanjutkan kembali sore ini di bangkai kapal. Kami melibatkan dua penyelam untuk mencari kemugkinan adanya korban manusia akibat kebakaran kapal tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, tim SAR yang diturunkan ke TKP terbakarnya kapal sembako milik importir Dumai sebanyak 15 orang dengan dua alat selam dan satu kapal karet cepat. Pencarian dilakukan sebagai inisiatif SAR guna membantu menemukan korban kapal yang oleh kepolisian dan Admonistrator Pelabuhan Dumai dilaporkan 12 orang hilang.

Selain mencari korban di bangkai kapal, SAR juga menyisir sekitar jalur perairan TKP hingga menuju ke laut lepas yang berjarak hanya tiga sampai empat mil. Dalam upaya pencarian itu SAR bekerja sama dengan kepolisian setempat dan tim laboratorium forensik Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Utara yang juga akan diturunkan mencari dan mengidentifikasi jasad korban.

“Target melakukan operasi pencarian di Dumai hanya tujuh hari. Namun jika belum ada satu pun korban yang ditemukan, kamu akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Kami juga dibantu oleh beberapa petugas dari SAR Pos Kabupaten Bengkalis,” terang Abdul Malik. (Ant/OL-01)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *