AWAS! OMBAK DI PANTAI BARAT SUMUT 3,5 METER

MEDAN–MICOM: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sumatra Utara, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai ombak di wilayah pantai barat yang diperkirakan mencapai ketinggian 3,5 meter.

Kabid Pelayanan Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Hendra Suwarta, Kamis (13/9), mengatakan ketinggian ombak yang mencapai 3,5 meter tersebut diperkirakan banyak terjadi di perairan Tapanuli Tengah dan Kepulauan Nias.

Berdasarkan pantauan, ketinggian ombak yang dapat membahayakan bagi kalangan nelayan tersebut akan berlangsung hingga satu minggu ke depan.

Kewaspadaan tersebut semakin diperlukan jika mempertimbangkan kondisi kecepatan angin kencang, yaitu mencapai 30 knot atau sekitar 54 kilometer (km) per jam. Kondisi itu muncul akibat adanya gangguan cuaca seperti tekanan dan pusaran angin di sekitar wilayah pantai barat Sumatra Utara (Sumut).

Selain ketinggian ombak, masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi hujan yang sering terjadi, terutama di Kota Medan, Kabupaten Langkat, dan beberapa daerah di wilayah pantai barat Sumut. Selain potensi banjir, curah hujan yang tinggi tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya longsor, terutama di daerah yang banyak memiliki perbukitan.

Ia menyebutkan, perbukitan yang rawan longsor itu berada antara Medan-Berastagi, Siantar-Parapat, Tarutung-Sibolga, Dairi, Karo, dan Mandailing Natal. Curah hujan tersebut berpeluang terjadi pada sore, malam, hingga dinihari disertai angin kencang dan petir. (Ant/OL-01)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *