PTPN II KEBUN TGPM ANTISIPASI PENGGARAP LIAR

Lubuk Pakam-andalas Mengantisipasi lahan seluas 500 hektar (Ha) milik PTPN II TGPM di Afdeling VII Desa Kuala Namu, Kecamatan Beringin yang hendak digarap penggarap liar, pihak managemen kebun plat merah tersebut kerahkan ratusan karyawannya ke lokasi, Rabu (12/9) sekitar pukul 10.30 WIB.

Ratusan karyawan berasal dari kebun TGPM dan beberapa kebun yang berada di Distrik Rayon Selatan PTPN II itu ditempatkan di dua lokasi (posko) yang berada di areal afdeling VII. Mereka dibantu puluhan personel Polres Deli Serdang dan personil Samapta Poldasu serta personil Brigif 7/RR.

Selain berjaga-jaga di posko, sebagian lagi karyawan melakukan sweeping di areal perkebunan. Hampir sekitar lima jam lamanya menjaga posko keamanan itu serta melakukan sweeping, tidak ditemukan adanya kelompok penggarap yang datang seperti diisukan tersebut.

Manajer Kebun TGPM PTPN II, H Ir Suriyanto, ketika ditemui di lokasi menyatakan, pihaknya melakukan penjagaan terhadap lahan perkebunan kelapa sawit, yang diisukan bakal digarap penggarap yang disebut sebut berasal dari Desa Bandar Klippah, Kecamatan Percut Sei Tuan.

”Kita mengerahkan karyawan kita di sini untuk melakukan pengamanan terhadap lahan kebun kita untuk mengantispasi masuknya pengarap,”kata Sriyanto.

Ia menambahkan, pihaknya mendapat informasi, bakal datang sekitar 200 orang penggarap memasuki lokasi di afdeling 7 untuk menumbangi tanaman kelapa sawit dengan menggunakan chainsaw. Sedangkan usia tanaman kelapa sawit itu, 14 tahun sedang masa produktifnya.

”Sejengkal lahan pun tidak akan kami berikan kepada penggarap, sebab HGU lahan ini berakhir tahun 2028. Kami tidak mau kejadian berulang seperti di Kebun Batang Kuis,”tegas Sriyanto.(Bob)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *