LOMBA KARYA TULIS PEMKO MEDAN BERHADIAH RP10,5 JUTA

MEDAN (Berita): Pemerintah Kota Medan melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kota Medan menggelar Lomba Cipta Karya Tulis Ilmiah Popular.

Kegiatan yang digelar melalui program Kemitraan Pengembangan Wawasan Kebangsaan  Tahun  Anggaran 2012 ini, menyediakan hadiah total Rp10.500.000 beserta tropi bagi para pemenang.

“Lomba cipta karya tulis ini kita gelar dengan topik Wawasan Kebangsaan dan tema Peranan Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Meningkatkan Keutuhan dan Keharmonisan Bangsa. Lomba  yang digelar ini kita bagi dalam 3 kategori yakni kategori untuk pelajar tingkat SLTA, mahasisa dan jurnalis,” kata Kaban Kesbangpol Linmas Cheko Wakhda Ritonga  didampingi Kabag Humas Setda Kota Medan Budi Hariono SSTP MAP di Balaikota Medan, Rabu (12/9).

Dijelaskannya, kategori untuk tingkat SLTA dengan sub tema Pemberdayaan Teknologi Informasi Dalam Memelihara Jati Diri Bangsa. Untuk kategori mahasiswa, sub temanya Pemahaman Kebhinekaan Dalam Mewujudkan Nasionalisme. Sedangkan untuk kategori jurnalis, sub temanya Eksistensi Jurnalis Dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Kebangsaan.

Untuk persyaratan, lanjutnya, peserta harus berdomisli di wilayah Kota Medan. Selain itu harus melampirkan foto copi identitas diri. Untuk peserta dari tingkat  SLTA dan Mahasiswa, cukup melampirkan kartu pelajar dan kartu mahasiswa. Sementara  bagi peserta dari kategori jurnalis, melampirkan KTP dan Kartu Anggota. “Selain itu untuk peserta masing-masing kategori, harus melampirkan nomor handphone dan telepon yang bisa dihubungi,” terangnya.

Kriteria penulisan yang bisa ikut diperlombakan, ungkapnya, merupakan hasil karya tulis ilmiah popular dan merupakan karya milik sendiri (tidak plagiat). Jumlah tulisan 5.500 s/d 6.000 karakter dengan jarak tulisan 1 ½ spasi. Tulisan menggunakan huruf times new roman dengan ukuran font 12, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di samping itu karya tulis yang diperlombakan belum pernah/sedang diikutsertakan dalam perlombaan sebelumnya.

“Bagi peserta dari kalangan jurnalis, wajib karya tulisnya dipublikasikan di mass media masing-masing dan foto copi publikasinya dilampirkan dalam karya tulis yang akan dikirimkan. Untuk kriteria penilaian, dewan juri akan melihat kesesuaian judul dengan isi, sub tema dan tema. Kemudian,orisinalitas dan aktualitas karya tulis, bahasa dan gaya bahasa serta sistematika penulisan,” ungkapnya.

Untuk juara I, Cheko menjelaskan panitia menyediakan uang tunai sebesar Rp4 juta ditambah tropi, juara II (Rp3 juta plus tropi), juara III (Rp2 juta plus tropi), juara harapan I (Rp.1 juta plus tropi) dan juara harapan II (Rp500 ribu plus tropi). Pelaksanaan dimulai 14 Agustus sampai 22 Oktober. Tulisan dapat dikirim melalui Email: lombaciptakaryatuliskesbangpol@yahoo.co.id, sedangkan alamat pendaftaran Kantor Badan Kesbangpol Linmas Jalan Balai Kota No.10 Medan. Sedangkan pengumunan pemenang akan disampaikan memalui papan pengumuman dui Kantor Badan kesbangpol Linmas dan media cetak. (irh)
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *