INFRASTRUKTUR JALAN DESA RUMAMIS MEMPRIHATINKAN

Kabanjahe-andalas Infrastruktur jalan Desa Semangat menuju Desa Rumamis, Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo memprihatinkan.

Hampir sepanjang jalan menuju desa itu aspalnya sudah terkelupas dan  berlobang-lobang. Bila hujan turun air menggenangi lobang-lobang yang berada di badan jalan, sehingga menyulitkan bagi pengendara maupun pejalan kaki.

Menurut salah seorang warga desa, K Sitepu (48), Rabu (12/9), jalan menuju desanya sudah lama tidak mendapat sentuhan perbaikan.

“Sudah lebih empat tahun jalan desa tidak mendapat perbaikan dari pemerintah, bila musim kemarau tiba, jalan tersebut dipenuhi debu,” ungkapnya.

Untuk itu, masyarakat mengharapkan Pemkab Karo, agar segera memperbaiki jalan tersebut. Sebab, kalau dibiarkan begitu saja jalan desa akan semakin parah, yang berimbas membengkaknya biaya transportasi pengangkut hasil produk pertanian.

Sementara, salah seorang perangkat desa yang enggan menyebut namanya mengaku bahwa jalan rusak menuju desanya sudah pernah diusulkan perbaikannya melalui Musrembang desa dan kecamatan. Namun entah kenapa dana perbaikannya tidak ditampung di APBD.

Meski demikian, warga Desa Rumamis tetap berharap agar di APBD 2013 mendatang Pemkab Karo bersama dengan DPRD menganggarkan dana perbaikannya. Karena bila tidak hasil pertanian dari desa itu akan mengalami kesulitan untuk dibawa ke pasar.

Selain itu parit atau drainase jalan menuju persawahan Desa Rumamis yang selama ini sudah dibangun beronjong untuk mengantisipasi bencana longsor semakin melebar, masih perlu perhatian pemerintah.

“Hendaknya di sisi beronjong yang sudah dibangun itu, dibangun drainase sebagai saluran air, agar bila hujan turun, dinding tebing di sisi kanan jalan tidak tergerus aliran banjir air hujan yang meluap sampai ke permukaan badan jalan, sehingga longsor pada dinding tebing bisa terhindarkan,” ujar warga.(RTA)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *