KELOMPOK TANI KOLAM PAYA TERIMA BANTUAN ALAT PEMBASMI TIKUS

Blangpidie-andalas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Aceh Ir Asrin MP didampingi Kabid Perlindungan Tanaman Mustadhar Sp MM serta Kepala UPTD Balai Sertifikasi Benih Aceh, menyerahkan bantuan alat pembasmi hama tikus kepada Ketua Kelompok Tani Kolam Paya di Desa Jeumpa Barat Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (10/9).

Dalam arahannya, ia mengharap kepada kelompok tani yang ada di desa setempat untuk proaktif dalam melaksanakan pogram tanam serentak yang dipogramkan pemerintah daerah, demi terciptanya pertanian yang lebih modern untuk pencapaian peningkatan hasil panen pada tahun ini.

“Dengan adanya alat pembasmi tikus yang diberikan kepada kelompok tani, diharapkan mampu mengurangi serangan hama tikus pada saat musim tanam tahun ini. Sehingga hasil panen nantinya bisa lebih baik dari hasil sebelumnya,” jelasnya.

Di hadapan Kadis Pertanian dan Peternakan Abdya Zainuddin SP, Camat Jeumpa Yulizar, PPL, Mukim setempat, para kelompok tani dan sejumlah masyarakat daerah setempat yang mengikuti acara tersebut, ia meminta untuk terus membantu pogram pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat melalui pogram tanam serentak.

Dijelaskannya, tanah produktif makin lama makin sempit. Ke depan perlu memanfaatkan lahan yang ada sebaik mungkin, agar kesediaan pangan akan terus berlanjut dengan melakukan perluasan daerah lahan pertanian. Untuk itu, kita harus mengoptimalkan sebaik mungkin lahan yang sudah ada.

Disebutkan, peningkatan indeks penanaman supaya bisa dilakukan musim tanam dalam setahun bisa dua kali. Salah satu untuk peningkatan hasil panen, adalah dengan melakukan pemburuan tikus untuk menjaga hasil tanam. Ia juga berharap kepada kepala BPP untuk selalu mengontrol kelender musim tanam kapan waktunya, agar hasil nantinya bisa lebih baik.

Di bagian lain, ia juga memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat tani atas penghargaan yang dicapai atas tanam serentak yang dialakukan pada tahun tahun sebelumnya.

“Ke depan kita juga harapkan pada semua kelompok tani dilatih untuk memberi pengetahuan manajemen pertanian yang modern. Sehingga semua petani lebih cerdas dalam melakukan cara bertani yang lebih baik,” katanya. (AS)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *