SINODE GODANG HKBP DIMULAI HARI INI

Polres Taput Imbau Masyarakat Jaga Kekondusifan

Tarutung, (Analisa). Sekjen Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Ramlan Hutahaean Mth menegaskan, pelaksanaan Sinode Godang yang bertujuan untuk memilih unsur pimpinan HKBP mulai dari Ephorus, Sekretaris Jenderal (Sekjen), dan sejumlah Kepala Departemen (Kadep) di Gedung Seminarium Sipoholon resmi dimulai hari ini, Senin (10/9).
“Acara Sinode Godang diawali dengan melakukan registrasi bagi seluruh peserta Sinode, panitia juga sudah mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut kepentingan sinode, baik konsumsi, penginapan, dan menyangkut keamanan,” tandas Sekjen HKBP Pdt Ramlan Hutahaean Mth yang juga merupakan calon eporus didampingi dua calon eporus lain Pdt Binsar Nainggolan dan Pdt Nelson Siregar memberikan keterangan pers kepada wartawan di kantor pusat HKBP Pearaja Tarutung, Sabtu, (8/9).

Dia mengingatkan, agar seluruh jemaat HKBP terutama peserta sinode godang sebanyak 1379 Sinodestan (peserta sinode godang) agar menghalau segala intervensi, baik menyangkut kepentingan money politik, ataupun upaya dukungan yang tidak sesui dengan seruan Tuhan.

“Mari kita bersama-sama menghalau segala intervensi ataupun money politik, sebab sinode godang bukan pertarungan seperti pemilu, kita hanya mencari Bapak Gereja dan pelayan Tuhan,” ujarnya.

Ramlan Hutahaen mengakui, hingga saat ini sudah ada lima kandidat calon eporus HKBP yang akan bertarung pada SG yang nantinya akan dipilih sebanyak 1379 Sinodestan (peserta sinode godang) yang semuanya merupakan utusan dan perwakilan jemaat seluruh distrik gereja HKBP yang di Indonesia.

Mereka, Eporus Pdt WTP Simarmata MA, Pdt Dr Binsar Nainggolan, Pdt Ramlan Hutahaean MTh, Pdt Nelson Siregar, Pdt David Sibuea D.Min.

“Untuk itu siapapun nanti yang terpilih, itu adalah pilihan Tuhan, kita berharap SG berjalan lancar dan tidak ada intervensi,” ucapnya.

Kepada seluruh calon Eporus HKBP juga diharapkan tidak bermain uang dalam proses SG. Sebab, Sinode Godang bukan orientasi kekuasaan, melaikan mencari pelayan Tuhan, jadi kami berharap tidak ada intervensi atau money politik, ucapnya.

Jaga Kekondusipan

Kapolres Taput AKBP IKG Wijadmika SIK mengingatkan kepada seluruh masyarakat jemaat HKBP yang ada di wilayah Kabupaten Taput maupun di berbagai daerah Sumut agar menjaga kekondusifan, kemananan, dan ketertiban selama berlangsungnya pelaksanaan Sinode Godang.

“Kita mengimbau kepada masyarakat, tokoh agama, saling menjaga kekondusifan selama pelaksanaan Sinode Godang,” tandas Kapolres kepada wartawan usai menggelar Apel Pasukan Persiapan Pengamanan Sinode Godang di halaman Seminarium HKBP Sipoholon, Minggu, (9/9).

Kapolres juga mengingatkan, agar seluruh peserta sinode godang dan para undangan untuk tidak khawatir meskipun berbagai macam rumor beredar menyangkut gangguan pada pelaksanaan sinode.

“Para sinodestan dan para undangan tidak perlu khawatir dengan berbabagai macam rumor yang beredar, sebab kita sudah siap dalam pengamanan,”tegas Kapolres.

Disebutkan, Polres Taput sudah bekerjasama dengan Muspida Pemkab dan Dandim O210 mengerahkan 390 personil untuk pengamanan sinode godang tahun 2012 ini.

Jumlah itu terdiri dari 250 personil Polres Taput, ditambah personil bantuan Polres Humbahas 30 orang, personil TNI 30 orang, personil Pengendali Huru-Hara Brimob Poldasu 30 orang, personil penzinak bom (zibom) Poldasu 10.

“Pengamanan dilakukan secara terorganisir, semua pengunjung maupun peserta yang akan masuk harus melewati sensor empat kali pemeriksaan, kita harus memperketat pengamanan dalam situasi sekarang,”sebutnya.(can)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *