PEMASANGAN LISTRIK DI DUSUN TUALANG DIRAMAIKAN CALO

Biaya Pemasangan Instalasi Tinggi

Bahorok, (Analisa). Ratusan warga di Dusun Tualang Gepang, Desa Sampe Raya Kecamatan Bahorok, hingga kini belum tersentuh penerangan listrik. Hal ini biaya pemasangan melalui pihak ketiga dinilai sangat mahal dan tidak terjangkau.
Tingginya biaya pemasangan listrik dilakukan oleh kelompok orang yang tidak jelas keabsahannya, sehingga membingungkan warga.

Karena berlarut-larutnya pemasangan instalasi listrik yang hingga kini tidak kunjung selesai, direncanakan ratusan masyarakat di dusun itu akan mempertanyakanya pada Manager Cabang PT PLN Cabang Binjai, hari ini Senin (10/9).

Pasalnya, masyarakat merasa dipermainkan pihak-pihak tertentu yang dinilai tidak bertanggung jawab serta merugikan masyarakat yang hendak memasang jaringan listrik.

Berdasarkan informasi diperoleh pada sejumlah masyarakat menyebutkan, biaya pesangan instalasi listrik di desa mereka bervariasi akibat banyak pihak tertentu yang menawarkan jasa pemasangan instalasi.

“Kami bingung ada beberapa pihak yang menawarkan jasa pemasangan pada masyarakat dan semuanya mengatakan memiliki izin dari pihak PT PLN Cabang Binjai,” ucap Kepala Dusun Tualang Gepang Jasa Bukit saat ditemui di Bahorok, Minggu (9/9).

Orang yang yang menawarkan jasa pemasangan instalasi listrik ke sejumlah warga, menurut Bukit tidak hanya dari petugas PLN Ranting Kuala saja, tetapi juga ada dari kalangan PNS, aparat desa bahkan masyarakat. Akibatnya, lanjut Bukit, hampir ditemui di sejumlah rumah warga terdapat dua hingga tiga instalasi listrik yang di pasang orang berbeda hingga membingungkan masyarakat, ujar Kadus.

Selain beragamnya pihak yang menawarkan jasa pemasangan instalasi listrik, jasa yang ditawarkan mereka juga berbeda. “Oknum yang mengaku-ngaku memiliki izin dari pihak PLN mematokkan harga mulai dari Rp800.000 hingga Rp 1,8 juta,”sebut Bukit. Padahal, menurut Bukit beberapa masyarakat yang langsung memohon pemasangan instalasi listri ke pihak PLN Ranting Kuala hanya dikenakan beban Rp 800 ribu.

Tingginya biaya pemasangan instalasi listrik serta banyak oknum tertentu yang mengaku-ngaku memiliki izin dari pihak PLN untuk memasang instalasi listrik ke sejumlah rumah warga, tentu sangat membingungkan. Bahkan, bervariasinya harga yang ditawarkan serta terpasangnya dua hingga tiga instalasi listrik di satu rumah warga semakin membuat warga bingung.

Karenanya, diharapkan pihak PT PLN Cabang Binjai diminta untuk menertibkan para calo yang menawarkan jasa pemasangan instalasi listrik ke rumah warga di Kecamatan Bahorok.

Banyak calo yang menawarkan jasa pemasangan instalasi listrik ke rumah warga, menyebabkan arus listrik yang seharusnya telah mengaliri rumah warga di Dusun Tualang Gepang Desa Sampe Raya hingga kini sejak setahun yang lalu terkendala.

Padahal, masyarakat di dusun itu sejak puluhan tahun yang lalu mendambakan pemasangan aliran listrik ke dusun mereka. (als)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *