DEKRANASDA DELISERDANG AKAN TERUS PACU KEMAMPUAN IKM

Lubuk Pakam, (Analisa). Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Deli Serdang Ir Hj Anita Amri MBA menegaskan akan terus memacu industri kerajinan kecil dan menengah (IKM) kabupaten itu agar lebih maju dan berkembang.
Karena dengan berkembangnya IKM dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan keluarga serta membuka lapangan kerja baru,kata Ketua Dekranasda Hj Anita Amri saat membuka temu karya IKM Deli Serdang di Puri Tri Adiguna PTPN2 Tanjung Morawa,Kamis (6/9).

Dikatakan,IKM Deli Serdang saat ini sudah mampu bersaing dengan kabupaten/kota lain karena IKM Deli Serdang tidak pernah berhenti dalam melakukan inovasi untuk mengimbangi selera pasar. Namun begitu,meski di Sumatera Utara,IKM Deli Serdang sudah bisa membusungkan dada namun masih harus terus berinovasi agar dapat berbicara ditingkat nasional.

Tumbuh kembangnya IKM di Deli Serdang juga sangat berpengaruh kepada program Pemkab Deli Serdang terutama dalam mengurangi pengangguran. Sementara kepada Dinas Perindag diminta untuk terus menjalin komunikasi atas segala sesuatu yang dialami dan dibutuhkan pelaku IKM dengan terus melakukan sosialisasi.

Segala permasalahan yang dialami IKM harus dicari jalan keluarnya hingga ditemukan solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Jika ada permasalahan, selesaikan dengan duduk bersama dan kepada Pemprovsu diharap pula agar mengikutkan IKM Deli Serdang dalam program pelatihan dan permodalan sedang kepada perbankan diharap pula dapat memberikan pinjaman modal meski tanpa angunan kepada pelaku IKM Deli Serdang,kata Hj Anita Amri.. Pada kesempatan itu sebagai bentuk apresiasi kepada IKM,Hj Anita Amri berjanji akan menggratiskan izin bagi 100 pelaku IKM termasuk pengurusan label halal dari MUI.

Senior Manager Regional Business Development Bank Mandiri Wilayah I Medan Mula P Sitinjak mengatakan pihaknya telah mempersiapkan kerja sama dengan Dekranasda Deli Serdang untuk membangun industri yang etelasenya di gedung Dekranasda Jalan Negara Lubuk Pakam.. Meski realisasi kerja sama ini agak terlambat tetapi diupayakan akan terealisasi dalam bulan ini juga sekaligus ada sejumlah program permodalan untuk pelaku IKM, kata Mula P Sitinjak.

Kadis Perindag Deli Serdang Ir Artini S Marpaung melaporkan temu karya diikuti 50 peserta wakil dari 15 pelaku IKM dengan menghadirkan nara sumber yang ceramahnya bermanfaat dan berarti bagi pelaku IKM.

Hadir,Kabid Industri Kecil Kimi dan Agro Hasil Hutan Dinas Perindag Sumut Ir Ida Yani Pane MT,mewakili BRI Cabang Lubuk Pakam,Bappeda,Disnakertrans,Dinas Pertanian,Jamsostek dan Kadin. (sk)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *