86 UNIT RUKO BERDIRI DI TANAH PERUMNAS

Diduga Manipulasi SIMB

Medan -andalas Sebanyak 86 unit Rumah Toko (Ruko) berlantai dua di lokasi Perum Perumnas Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan diduga memanipulasi Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB). Pasalnya, plang SIMB yang terpajang di lokasi bangunan diragukan legalitasnya.

Camat Kecamatan Medan Labuhan Zain Noval ketika dikonfirmasi, Sabtu (8/9) mengatakan tidak mengetahui kalau SIMB 86 unit ruko berlantai dua itu dibangun oleh pengembang swasta Medan Utara City. Soalnya, Manajer Perum Perumnas Cabang Sumut Naswin Yessa sebagai yang bertanggungjawab terhadap ruko-ruko di atas tanah milik negara itu, tidak pernah berkoordinasi dengan camat.

“Karenanya, saya tidak tahu apakah ruko-ruko itu memiliki SIMB atau tidak,” kata Zain. Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan TRTB Kota Medan Darwin ketika dihubungi via telepon mengatakan, SIMB sebanyak 86 ruko di lokasi Griya Martubung belum ada. “Kalau SIMB-nya belum ada, itu berarti melanggar Perda No.9 Tahun 2002,” ungkapnya.

Dia menegaskan, kalau pegembang melanggar Perda, pihaknya akan segera melakukan pembongkaran bangunan siapapun pemiliknya.  Apalagi tindakan bukan hanya melanggar Perda, tapi juga melanggar UU No 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Pemukiman pasal 26 yang menegaskan, badan usaha di bidang pembangunan perumahan yang membangun lingkungan siap bangun dilarang menjual kavling tanah matang tanpa rumah.

Selain itu, kata Darwin, di Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) yang dibangun di tanah kavlingan itu tertera atas nama Naswin Yessa. Hal ini jelas memanipulasi SIMB karena dari data yang ada, tidak ada nama Naswin Yessa di perusahaan pengembang Medan Utara City.” Yang jelas nama Naswin Yessa itu adalah sebagai Manajer Perum Perumnas Cabang Sumut,” ucap Darwin.

Ditambahkan Darwin, bangunan ruko tanpa SIMB itu akan dilakukan penyelidikan. Kalau ternyata tidak memiliki SIMB akan diberikan surat peringatan supaya diurus sebelum ruko itu dibangun lebih lanjut. (DP)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *