2 EKOR BUAYA MASIH BERKELIARAN DI DELITUA: CAMAT NAMORAMBE BERJANJI TUTUP TERNAK BUAYA

IMANUEL SITEPU. DELITUA. Setelah lepasnya 3 ekor buaya dari penangkaranya kemarin,  Camat Namorambe Hendra Wijaya menyatakan menutup lokasi usaha peternakan buaya di Dusun III, Desa Delitua (Kec. Delitua) sesegera mungkin.

Penutupan dilakukan Camat Namorambe setelah pihak pengusaha tidak dapat menunjukkan izin usaha dari Pemkab Deliserdang dan, berdasarkan pertimbangan keamanan, lokasinya tidak cocok dengan pemukiman warga sekitar. Menurut Hendra Wijaya kepada wartawan [Minggu 9/9], penutupan usaha ternak buaya terebut akan segera dilakukan sementara evakuasinya sesuai kesepakatan pengusaha dengan warga akan berlangsung selama 6 bulan hingga 8 bulan ke depan.

“Dalam pertemuan pihak pengusaha dengan warga yang difasilitasi Muspika Namorambe [Sabtu 8/9], pihak pengusaha hanya dapat menunjukkan izin dari Dirjen Konservasi Alam Kementrian Kehutanan RI. Mereka tidak dapat menunjukkan izin usaha dari Pemkab Deliserdang,” tutur Hendra.

Hadir dalam pertemuan itu diantaranya Kapolsek Namorambe AKP SH Karo-karo, Camat Namorambe Hendra Wijaya, Kades Delitua Adi Darma Barus dan A. Siahaan mewakili pengusaha serta sejumlah tokoh masyarakat. Menurut Siahaan kepada wartawan, pihaknya meminta waktu 2 tahun menutup usahanya, namun warga memberi waktu 8 bulan untuk memindahkan  ternak buayanya ke daerah lain. Ketika disinggung soal izin yang dimiliki pengusaha dalam menjalankan usahanya, Siahaan menolak memberi keterangan dengan alasan lagi pening.

Kapolsek Namorambe AKP SH Karo-karo kepada wartawan menjelaskan pihaknya dalam pertemuan tersebut hanya sebatas pengamanan agar pertemuan antara warga dan pengusaha berjalan lancar dan aman sehingga menciptakan suasana tetap kondusif. Sementara itu, sebanyak 2 ekor buaya dari 3 yang lepas dari peternakan tersebut saat ini masih berkeliaran dan menghantui warga sekitar. Sedangkan 1 ekor buaya yang ditemukan warga telah diserahkan kepada pihak pengusaha disaksikan Muspika setempat. Akibat belum ditemukannya kedua hewan buas tersebut, beberapa warga sekitar yang ditemui wartawan mengatakan sangat ketakutan dengan adanya 2 ekor buaya yang lepas dan diperkirakan masih berkeliaran di sekitar rawa-rawa yang berada di belakang komplek sekolah dasar setempat.
sumber : http://www.sorasirulo.net

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *