TIPS BAGI PENGGUNA JEJARING SOSIAL

REMAJA yang hidup di era digital seperti saat ini cenderung berbagi cerita apapun di media sosial. Majalah bulanan Amerika Serikat Consumer Reports melaporkan 52% pengguna jejaring sosial sering berbagi hal-hal yang berisiko.

Perusahaan antivirus McAfee mengatakan hanya 20% remaja yang menggunakan fitur proteksi pada jejaring sosial milik mereka.

join_facebookjoin_twitter

Situs Mashable menyebutkan tragedi yang menimpa seorang remaja berusia 17 tahun. Setelah mengunggah foto uang, rumahnya dirampok. Untuk itu, agar bisa terhindar dari kemungkinan terburuk, silakan ikuti tips berjejaring sosial yang ada di bawah.

Tips ini sebenarnya tidak hanya untuk remaja tapi juga bisa dilakukan oleh segala usia.

1. Berbagi dengan teman nyata
Jangan berbagi informasi dengan siapapun yang tidak dipercaya. Coba klasifikasi siapa saja yang ingin berteman dan hapus siapapun yang sudah menjadi teman tapi tidak dikenal.

2. Matikan fitur GPS
Matikan layanan navigasi karena dapat memberi tahu kepada siapa saja lokasi Anda berada. Bahkan orang yang tidak menjadi teman pun bisa mengetahui di mana Anda karena fitur tersebut diaktifkan.

3. Seleksi aplikasi berbagi
Tidak semua orang perlu mengetahui apa yang Anda suka atau apa yang Anda makan sejam yang lalu. Jika ingin mengumumkan hal-hal yang kurang penting, jangan lakukan ke banyak orang.

4. Perbarui pengaturan
Biasanya jejaring sosial akan mengeluarkan pembaruan secara berkala. Jangan sampai Anda ketinggalan infonya agar keamanan serta privasi tetap terjaga.

5. Monitor reputasi
Untuk mengetahui apakah ada yang suka dengan konten yang Anda unggah, coba cek reputasi Anda melalui situs reputatuin.com atau brandyourself.com. Kalau reputasi yang Anda miliki tidak bagus, berarti tidak semua orang menyukai Anda.

Selanjutnya, ada pula hal yang tabu ditulis di area publik tersebut. Berikut tiga di antaranya.

1. Aktivitas ilegal
Siswa sekolah menengah dan mahasiswa umumnya senang mengabadikan berbagai aktivitas mereka dalam bentuk video.

Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya berhati-hati. Hindari memasang video berbau pornografi, kekerasan atau penghinaan.

2. Intimidasi
Mengintimidasi orang lain merupakan masalah serius saat ini. Kata-kata penuh kebencian dapat menyebabkan orang lain depresi atau merasa didiskriminasikan.

Anda sebaiknya cermat dalam memilih kata agar orang lain tidak tersinggung, menjadi rendah diri atau marah.

3. Check-in
Menulis lokasi terbaru sesekali menguntungkan. Jika ada teman yang berada di lokasi sama, Anda dan dia dapat bersilaturahmi.

Namun, analis media sosial Brad Hines justru menyarankan agar Anda tidak terlalu sering mengumumkan lokasi di mana Anda berada. Khususnya, jika Anda sedang berada di rumah sendirian.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *