TIGA DESA BERADA DALAM KAWASAN HUTAN

BENGKULU, KOMPAS.comĀ  – Sebanyak tiga desa yang dua di antaranya sudah definitif di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu berada dalam kawasan hutan. Selain menempati kawasan hutan, kebun penduduk setempat juga masuk dalam kawasan hutan.

Akibatnya, hutan produksi yang mereka tempati kini sudah tidak ada lagi berganti dengan pemukiman dan kebun kelapa sawit.

Hal itu merupakan hasil sementara survei yang dilakukan Ulayat Bengkulu, sebuah organisasi konservasi lingkungan dan pencinta alam . Program Officer Ulayat Bunaiya Suparda, Sabtu (8/9/2012), mengatakan, adanya desa di dalam kawasan hutan menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat akan lahan garapan sangat tinggi sementara area budidaya, oleh pemerintah daerah, lebih diprioritaskan bagi investor perkebunan maupun pertambangan. Masyarakat pun tidak mendapat bagian.

Ketiga desa yang dimaksud ialah Desa Talang Petai, Kecamatan V Koto yang berada di dalam Hutan Produksi Terbatas (HPT) Air Manjunto. Kemudian Desa Sendang Mulya dan Desa Sidomulyo, Kecamatan Penarik Raya yang sudah definitif berada dalam HPT Air Dikit.
sumber : http://regional.kompas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *