TABUR GARAM DARI KETINGGIAN 11.000 KAKI

JAMBI, KOMPAS.com – Memasuki hari kedua penyemaian hujan buatan di Jambi, Tim Teknologi Modifikasi Cuaca dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menebar garam dari ketinggian 11.000 kaki di atas Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sabtu (8/9/2012). Penyemaian diharapkan mempercepat terjadinya hujan untuk mengatasi pekatnya kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan di wilayah ini.

Ahli dari Tim TMC BPPT untuk Provinsi Jambi, Findy Renggono mengatakan, berbeda dari sehari sebelumnya yang menebar garam di atas awan cumulus pada ketinggian 7.000 kaki, kali ini penebaran berlangsung pada ketinggian 11.000 kaki.

“Kabut asap tidak setebal sehari sebelumnya, dan kami mendapati sebaran awan cumulus pada ketinggian 11.000 hingga 20.000 kaki,” ujarnya.

Sebanyak 900 kilogram garam halus ditebar di kawasan Tanjung Jabung Timur mulai dari Kota Sabak hingga mendekati Selat Berhala yang berbatasan dengan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Penebaran garam diharapkan akan menstimulus hujan pada kawasan tersebut, untuk mengatasi kebakaran lahan dan kabut asap yang masih berlangsung di wilayah Jambi.
sumber : http://regional.kompas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *