SAMPAH BERSERAKAN DI MEULABOH

MEULABOH – Pencemaran lingkungan oleh sampah ternyata masih menjadi masalah tersendiri di Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan yang merupakan pusat kota Kabupaten Aceh Barat.

Sampah yang mencemari kota selama ini, akibat dari masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang terbebas dari sampah.

Camat Johan Pahlwan, Abdullah, menuturkan, selama ini dia sudah melakukan sosialisi dan menghimbau masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, terutama di lahan atau tanah kosong. “Tumpukan sampah yang bisa mengundang penyakit bagi warga dilingkungan tersebut,” katanya hari ini.

Menurut dia, akibat dari pembuangan sampah di lahan kosong juga dapat membawa bencana seperti banjir. Karena, sampah-sampah tersebut saat hujan turun akan dibawa air dan masuk ke dalam parit atau drainase.

Akibatnya, kata Abdullah, membuat drainase tersumbat sehingga tidak dapat bekerja dengan baik dan mengakibatkan air akan menggenangi ruas jalan.

“Selama ini jika kondisi hujan maka ruas jalan yang sering digenangi air adalah ruas jalan protokol, seperti jalan nasional, jalan T. Umar dan jalan Manek Roo serta kawasan bundaran simpang pelor,” ujarnya.

Memasuki musim hujan seperti saat ini, camat Johan Pahlawan Abdullah menghimbau masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan terutama kawasan kota dengan membuang sampah pada tempatnya. “Apalagi pihak dinas kebersihan dan pertamanan Aceh Barat, telah menyediakan tempat sampah,” kata dia.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *