PASAR GUNUNG TUA MASIH BECEK DAN JOROK

Paluta, (Analisa). Forum Pemuda Peduli Paluta mengaku geram dengan sikap masa bodoh intansi terkait yang menangani Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Pasalnya terkesan kurang memperhatikan kebersihan. Akibatnya, pasar kebanggaan warga Gunung Tua ini dari hari ke hari bertambah jorok dan berbau tidak sedap, terutama pada saat malam hari.
“Bau yang tidak sedap di areal pasar begitu terasa menyengat, terlebih apabila malam hari. Sudah sampai mengganggu kenyamanan warga yang bermukim di sekitar pasar,” kata Wakil Ketua Forum Pemuda Peduli Paluta Topan Harahap, kepada Analisa, Kamis (6/9).

Dikatakan, dengan kondisi yang demikian sudah seharusnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani pasar Gunung Tua cepat tanggap, dengan melakukan berbagai terobosan untuk menanggulangi kebersihannya. Jangan sampai akibat ketidakpedulian kita bersama, maka ke depannya pasar yang menjadi ikon kota Paluta ini secara perlahan ditinggalkan oleh pelanggan.

“Kalau satu daerah itu ingin memiliki perekonomian yang kuat dan dinamis maka satu-satunya yang harus dioptimalkan adalah pasar tradisional. Karena secara langsung semua komponen masyarakat dari beragam kalangan berinteraksi di sana,” ungkapnya.

Menurutnya, seharusnya SKPD atau instansi teknis menghidupkan suasana pasar. Apalagi di sekitar areal pasar dimaksud masih sangat luas, tentu kalau diupayakan menjadi sebuah pasar terpadu bukan tidak mungkin nantinya akan menjadi tumpuan jual beli masyarakat di berbagai lapangan usaha yang mereka upayakan.

Oleh Karena itu, pihaknya mendesak kepada Instansi terkait yakni Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Kebakaran (Damkar), Kantor Lingkungan Hidup dan Dinas Perindustrian Perdagangan Dan Koperasi (Disperindagkop) untuk segera menata pasar itu agar tidak kumuh. Karena akhir-akhir ini di sekitar pusat pasar Gunung Tua seperti los penjual daging dan ikan sudah mulai muncul bau yang tidak sedap, apalagi disepanjang jalan menuju Masjid Raya Al-Hilal Gunung Tua, Kelurahan Pasar Gunung Tua sehingga mengganggu kenyamanan para pembeli yang kebetulan berbelanja.

Pantauan Analisa, Dari pagi hingga Kamis (6/9) siang, sampah menumpuk di sejumlah tempat disekitar pusat pasar Gunung Tua dan sekitarnya. Di sepanjang jalan baik menuju pusat pasar Gunung Tua maupun di tengah pusat pasar tampak sampah menggunung, baik di tempat sampah maupun di trotoar pinggir jalan menuju pasar Gunung Tua.

Bahkan, serakan dan tumpukan sampah melebar sampai ke badan jalan karena tidak ada petugas yang mengangkut. (ong)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *