IKAN PAUS TERDAMPAR DAN MATI DI PANTAI TIMUR JAMBI

JAMBI–MICOM: Seekor ikan yang diduga jenis paus terdampar di pantai timur Provinsi Jambi, tepatnya di Desa Sungai Jambat, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tanjung Jabung Timur Ahmad Riyadi Pane saat dihubungi, Sabtu (8/9), mengatakan berdasarkan laporan dari Kades Sungai Jambat, ikan dengan panjang sekitar 13 meter itu ditemukan warga setempat pada Kamis (6/9) malam.

“Warga sempat menyiram ikan ini menggunakan air garam dengan harapan tetap
hidup. Dari laporan kades juga menyebutkan ikan itu jenis paus,” ujarnya. Namun, ikan berukuran besar itu akhirnya mati pada Jumat (7/9) sore.

Ahmad mengatakan, DKP Tanjung Jabung Timur tengah berkoordinasi dengan DKP Provinsi Jambi untuk menindaklanjuti penanganan ikan tersebut. Ia juga menyebutkan selama ini belum pernah sekalipun ada temuan ikan besar terdampar di pantai timur kabupaten itu.

Sementara itu, Kasi Wilayah III Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi Nurasman mengatakan pihaknya telah menurunkan tim guna mengecek langsung kondisi ikan tersebut. “Kami sekarang posisinya dalam perjalanan menuju lokasi. Informasi jelasnya kami belum tahu pasti jenis ikan apa itu,” ujarnya.

Menurutnya, posisi Desa Sungai Jambat jauh dan hanya bisa ditempuh melalui jalur laut. Kondisi lokasi ikan yang terdampar juga dikelilingi oleh lumpur dan hutan mangrove. (Ant/OL-01)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *