HOREE! HUJAN BUATAN MULAI GUYUR JAMBI

JAMBI–MICOM: Sebagian wilayah di Provinsi Jambi mulai diguyur hujan yang dibuat oleh tim penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di daerah itu.

Koordinator Lapangan Teknologi Modifikasi cuaca (TMC) Jambi Djazim Syaifullah saat dihubungi, Sabtu (8/9), mengatakan hujan di sebagian wilayah Jambi mulai terjadi sejak Sabtu sekitar pukul 15.00 WIB. “Seperti di Kota Jambi sekarang ini sudah terjadi hujan lebat. Mudah-mudahan bisa lancar dan bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Sejak dilakukan percobaan hujan buatan pada Jumat (7/9) sore, pihaknya sudah menabur garam seberat 2,4 ton di langit Jambi. Hari ini, ujarnya, tim telah menabur sedikitnya 900 kilogram (kg) garam di atas awan Kabupaten Tanjung Jabung Timur karena potensi awan di daerah itu besar. “Sebagian daerah di Tanjung Jabung Timur kini sudah diguyur hujan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Zubaidi AR mengatakan pihaknya menerima alokasi dari pemerintah pusat senilai Rp3,5 miliar untuk membikin hujan buatan yang diproyeksikan selama 30 hari kedepan. “Ada 10 ton garam yang bakal ditabur selama 30 hari ke depan. Kami berkoordinasi dengan TNI untuk menabur garam,” kata Djazim.

Sementara itu, Kepala UPT Hujan Buatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) F Heri Widodo mengatakan ada tiga kabupaten di Provinsi Jambi yang menjadi prioritas hujan buatan guna mengantisipasi kabut asap yang semakin pekat di daerah itu.

Ketiga daerah itu adalah Kabupaten Muarojambi, Tanjung Jabung Timur, dan Tanjung Jabung Barat. Ketiga daerah itu dipilih karena potensi kebakaran di Jambi tercatat paling banyak akibat luasnya lahan gambut di tiga daerah itu. (Ant/OL-01)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *