CALHAJ SUMUT DAPAT VAKSIN MENINGITIS

MEDAN – Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Wilayah Sumatera Utara, Abdur Rahman Harahap mengatakan, sebagian calon haji yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji, sudah diberikan suntikan vaksin meningitis.

“Karena setiap calon haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji, harus terlebih dahulu diberikan vaksin meningitis, ini sesuai dengan persyaratan,” katanya di Medan, hari ini.

Menurut dia, calon haji yang akan memperoleh visa pada Pemerintah Arab Saudi harus melampirkan surat atau tanda sudah pernah diberikan suntikan vaksin meningitis.

Rahman menambahkan, vaksin meningitis itu diberikan kepada calon haji di kabupaten/kota di Sumatera Utara yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH).

Jumlah calon haji Sumut tahun 2012 yang akan berangkat ke Mekkah sebanyak 8.234 orang terdiri atas 8.180 calon haji dan 54 orang petugas haji dan tim kesehatan.

Sebelumya Kepala Seksi Bimbingan dan Pengendalian Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan Sumatera Utara Suhadi di Medan, mengatakan pihaknya telah mengirimkan 6.721 vaksin ke kabupaten/kota untuk digunakan calon haji tahun 2012.

Ia menyebutkan, kabupaten/kota yang belum mengambil vaksin antara lain Padang Lawas, Asahan dan Madina. Ketiga daerah itu masih menunggu pelunasan biaya perjalanan ibadah haji di wilayah masing-masing.

Sementara itu, anggota Assosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Sumut Umar Zein mengatakan, Arab Saudi mewajibkan setiap orang yang masuk ke negaranya divaksin.

Fungsi vaksin untuk mencegah meningococus yang menyebabkan meningitis atau penyakit radang selaput otak yang menular melalui udara. Jadi kondisi jamaah yang padat bisa menyebabkan terjadinya penularan. Satu penderita bisa menularkan kepada yang lain atau bisa satu populasi dan penularannya cepat serta dapat menyebabkan kematian,” katanya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *