DANA PENSIUN PNS BEBANI NEGARA

Jakarta-andalas Pengelolaan dana pensiun pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak efektif berpotensi besar akan membebani anggaran negara.

Hal tersebut diakui Menteri Keuangan Agus Martowardojo, di Jakarta, Jumat (7/9). “Jumlah pegawai yang besar itu , ditambah kenaikan jumlah pensiun yang besar, akan mengakibatkan pembayaran yang besar,” tuturnya.

Untuk menghindari pengelolaan yang tiak tepat, pemerintah akan memperbaiki sistem pengelolaan dana pensiun. “Sistemnya harus diperbaiki untuk menghindari beban fiskal yang berlebihan,” ujarnya.

Namun ia belum dapat memastikan sistem pengelolaan pensiun seperti apa yang akan dipilih pemerintah. “Bentuknya adalah pengelolaan pensiun dalam arti sistemnya, apakah masih tepat menggunakan defined benefit. Apakah akan diubah menjadi defined contribution,” katanya.

Dalam RAPBN 2013, anggaran belanja pegawai mencapai Rp241,12 triliun, atau 14,54% dari total belanja negara sebesar Rp1.657,9 triliun. Dimana Rp74 triliun diantaranya dialokasikan untuk pensiunan PNS. Belanja pegawai pada 2013 itu meningkat 13,6%, dari belanja pegawai tahun ini yang mencapai Rp212,26 triliun. (in/bs/ma)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *