154 CALHAJ SUMUT GAGAL BERANGKAT

Tak Lunasi BPIH

Medan-andalas Hingga hari terakhir pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) gelombang II, Jumat (7/9), sebanyak 156 orang dari 8.234 porsi haji Provinsi Sumatera Utara tidak melunasi BPIH. Itu artinya, 154 calhaj Sumut itu gagal berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2012 ini.

“Hingga penutupan hari ini (kemarin-Red), dari 8.234 calon haji Sumut yang sudah dapat porsi, terdapat 154 orang yang belum melunasi BPIH. Dengan demikian mereka akan dimasukkan pada posri haji 2013,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Haji, Zakat dan Wakaf (Hazawa) Kanwil Kementerian Agama Sumut H Abdul Rahman Harahap melalui stafnya Eri Nova kepada pers di ruang kerjanya, Jumat (7/9).

Dari 154 orang yang belum melunasi BPIH itu, kata Nova, terbanyak dari Kota Medan. Mereka telah diberi kesempatan dari tanggal 3-7 September 2012 untuk melunasi BPIH-nya. Namun hingga hari terakhir kemarin, mereka belum menulasi BPIH gelombang II ini.

Lalu, sebanyak 154 porsi Sumut yang lowong itu, kata Eri Nova, akan ditarik oleh Kemenag Pusat dan kemungkinan akan digabungkan dengan kuota tambahan. “Tahun lalu untuk pelunasan kuota tambahan diberi tenggat waktu 3 hari. Kalau tidak melunasinya juga, akan diberikan ke provinsi lain,” ucap Eri yang saat itu didampingi Kasubbah Humas dan Hukum Kanwil Kemenag Sumut Chairul Syam.

Sementara untuk kelompok terbang (Kloter) I Embarkasi Medan yang dijadwalkan pada tanggal 21 September mendatang, akan diisi oleh calhaj Kota Medan. Sebab berdasarkan hasil rapat, mulai tahun ini penentuan kloter I tidak lagi diundi. Dan Kota Medan yang memiliki 6 kloter diputuskan berangkat pada kloter I. “Sedangkan penentuan kloter selanjutnya yang berjumlah 18 kloter akan diundi 13 September nanti,” imbuh Chairul.

Walaupun Medan kloter I, timpal Eri Nova, namun belum diketahui siapa yang masuk karena masih akan diundi lagi. “Namanya belum dapat karena masih akan diundi lagi nanti,” katanya.

Adapun jumlah calon haji yang sudah melunasinya berdasarkan kabupaten/kota, jelas Eri Nova, masing-masing Medan berjumlah 2.840 orang, Labuhan Batu 822 orang, Mandailing Natal (Madina) 624 orang, P Sidimpuan 526 orang, Deli Serdang 477 orang, Tapanuli Selatan (Tapsel) 455 orang, Asahan (termasuk Batubara) 408 orang, Langkat 381 orang, Binjai 290 orang, Padang Lawas 235 orang.

Kemudian, Tebing Tinggi 202 orang, Tanjung Balai 158 orang, Serdang Bedagai (Sergei) 175 orang, Simalungun 121 orang, Tapanuli Tengah (Tapteng) 101 orang, Pematang Siantar 127 orang, Sibolga 51 orang, Karo 25 orang, Nias 23 orang, Dairi 21 orang, Tapanuli Utara 10 orang dan Toba Samosir (Tobasa) 9 orang. (YN)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *