SUPLEMEN KALSIUM TINGKATKAN SERANGAN JANTUNG

Suplemen kalsium sangat membantu untuk ketahanan tulang, tapi memiliki risiko lain.

JAKARTA – Ratusan ribu orang telah banyak mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung kalsium. Mereka berasalan, suplemen ini mampu untuk menjaga tulang dari kerapuhan.

Namun, para peneliti telah memperingatkan, meminum suplemen kalsium ternyata mampu meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Para peneliti itu menjelaskan, efek dari pengunaan pil itu dapat berbahaya bagi jantung.

Seperti di kutip dari Mail Healty, Kamis (24/5), suplemen kalsium sudah bukan menjadi bagian dari obat mujarab untuk pengobatan osteoporosis. Sebaliknya, para ilmuwan menyarankan, orang harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, keju dan sayuran berdaun hijau.

Para peneliti dari University of Auckland di Selandia Baru telah meneliti para relawan selama 11 tahun. Sebanyak 24.000 relawan yang berusia 35 sampai 64 tahun telah ambil bagian dari proyek penelitian gizi pada tahun 1990-an.

Mereka di pantau berkaitan tentang pola makanan termasuk penggunakan suplemen vitamin atau mineral. Selama 11 tahun, para relawan telah di lacak keberadaannya dan hasilnya, terdapat adanya gejala serangan jantung 354 dan stroke sebanyak 260 bahkan terdapat 267 kematian terkait kedua penyakit tersebut.

Menurut peneliti, orang-orang yang mengonsumi suplemen termasuk kalsium, sebanyak 86 persen lebih mungkin mengalami serangan jantung daripada yang tidak mengonsumsi. Para peneliti yakin, tablet yang mengandung kalsium itu dapat berpotensi membahayakan kadar mineral dalam darah.

“Kalsium dalam makanan atau minuman tersebar sepanjang hari dan diserap perlahan-lahan. Itu meningkatakan risiko serangan jantung”, kata Profesor Ian Reid dari University of Auckland, Selandia Baru.
sumber : http://www.shnews.co

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *