PEMUDA ACEH DILATIH PANTAU PROGRAM JKA

Banda Aceh ( Berita ) :  Pemuda dari tiga kabupaten di Provinsi Aceh dilatih memantau pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA). Pelatihan difasilitasi Yayasan Pugar Aceh bekerja sama dengan Tifa Fondations, Jakarta, berlangsung di Banda Aceh, Kamis [06/09]. Pemuda yang dilatih tersebut berasal dari Kabupaten Aceh Besar, Aceh Tengah, dan Aceh Selatan.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pugar Aceh Muhammad Hamzah mengatakan, pelatihan ini digelar untuk menguatkan kapasitas pemuda memantau pelaksanaan program JKA.

“Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan program JKA berjalan sesuai aturan dan tidak ada masyarakat terabaikan dalam pelayanan kesehatan yang menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah,” katanya.

Dalam pelatihan tersebut, kata dia, para pemuda dari tiga kabupaten itu diberikan pembekalan bagaimana prosedur pelayanan, hak yang didapat masyarakat, serta melakukan audit sosial hingga mengadvokasi program JKA.

Nantinya, sebut Muhammad Hamzah, para pemuda dari tiga kabupaten tersebut mempratikkannya di daerah masing-masing usai mengikuti pelatihan dan pembekalan.

“Ini sebagai upaya untuk memastikan program JKA tersebut berjalan optimal. Sebab, jika tidak diawasi, dikhawatirkan program ini tidak berjalan sebagai mana mestinya,” sebut dia.

Muhammad Hamzah menambahkan, pengawasan program JKA tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan haknya dalam pelayanan kesehatan.

Seperti kasus di Kabupaten Nagan Raya, kata dia, ada seorang wanita yang hendak melahirkan, tetapi tidak dilayani oleh pihak rumah sakit, sehingga bayi yang dilahirkannya meninggal dunia.

“Kasus tersebut jelas telah merugikan masyarakat. Padahal, dana pelayanan kesehatan masyarakat sudah dibiayai Pemerintah Aceh yang jumlahnya mencapai ratusan miliar rupiah,” ujar dia. Oleh karena itu, kata Muhammad Hamzah, pihaknya mengajak kalangan pemuda memantau pelaksanaan program JKA agar kasus serupa tidak terulang.   (ant )
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *