KOPI SIMALUNGUN BERPOTENSI TEMBUS EROPA DAN AS

Investor Swiss akan Bangun Pabrik Kopi di Simalungun

MedanBisnis – Simalungun. Komoditas kopi asal Kabupaten Simalungun diperkirakan memiliki potensi yang besar untuk menembus pasar di negara-negara Eropa dan Amerika (AS). Hal ini seiring dengan rencana investor asal Swiss yang akan membangun pabrik pengolahan kopi di Simalungun.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perindag Simalungun Jand Sardion Purba, Rabu (5/9). Menurutnya, ketertarikan investor asing tersebut menjadi kebanggan bagi masyarakat Simalungun.

Sebab, katanya, produk kopi asal Simalungun akan mendapat sentuhan berbeda, sehingga kualitasnya menjadi lebih baik dan mampu bersaing hingga di pasar internasional. “Sehingga ini dapat membuka mata dunia bahwa kopi Simalungun juga salah satu kopi terbaik,” ujarnya.

Dijelaskannya, ketertarikan pengusaha asal Swiss, Michael Lutz tersebut juga telah dibuktikan dengan pembangunan pabrik pengolahan kopi untuk dikirim ke Eropa dan Amerika. Pabrik tersebut dibangun di Silimakuta, Kecamatan Saribudolok, Kabupaten Simalungun. Perusahaan tersebut bernama PT Volkopi Indonesia.

Michael Lutz mengatakan, dirinya merasa bergembira dapat hadir di Simalungun. Dia berharap, ke depan kopi Simalungun dapat menjadi kopi terbaik. “Namun untuk mencapai hal itu bukanlah hal yang gampang karena membutuhkan kerja sama dan dukungan semua pihak, yakni eksportir, masyarakat dan pemerintah,” tuturnya, seraya menyebutkan Volkopi sudah mulai sarana pendukung.

Projek Manager PT Volkopi Leo Purba, berharap dengan dukungan para petani maupun dari KUD HT Silimakuta dan CU Talenta, dapat berperan untuk memajukan kopi Simalungun dan dapat menyukseskan program kopi Simalungun. “Saat ini perusahaan Volkopi mempergunakan mesin pemilah kulit tandem yang dapat mengolah sekitar 2,5 ton per jam dengan kadar air 25 -30% dan dijemur lagi hingga rendemen air mencapai 14%,” terangnya. (samsudin harahap)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *