JALAN MENUJU DESA ALUR SUBUR KEMBALI LANCAR

Sidikalang, (Analisa). Setelah tiga hari tertutup tanah longsor dan pepohonan dan melumpuhkan arus lalu lintas, jalan menuju Desa Alur Subur dan Liang Jering Kecamatan Tanah Pinem Dairi sudah kembali lancar, Rabu (5/9).
Sebelumnya Camat Tanah Pinem, Robert Ginting, AP MSi mengatakan akibat hujan yang berkepanjangan selama tiga hari di wilayah Kecamatan Tanah Pinem badan jalan menuju Desa Alur Subur dan Liang Jering tertutup tanah longor sehingga jalan terputus.

Robert mengatakan, untuk Desa Alur Subur terdapat empat titik tanah longsor sedangkan jalan ke Desa Liang Jering, longsor di enam titik.

Memang diakui, selama dua hari akses menuju dua itu sempat terisolasi, hal itu terjadi karena komunikasi sulit karena belum dapat dijangkau jaringan (sinyal) telepon.

Dia mengatakan, bencana alam itu sudah ditangani pihak Dinas PU Bina Marga yang menurunkan dua alat berat ke lokasi.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, Hotmaida Butar-butar ST yang dikonfirmasi wartawan, Rabu, mengatakan, untuk menangani bencana alam tanah longosr tersebut pihaknya mengerahkan dua unit alat berat ke lokasi.

Dia mengatakan, ada kesulitan komunikasi untuk mendapatkan informasi dari sana, sebab di daerah itu belum ada sinyal seluler.

Hotmaida mengatakan, akhir-akhir ini daerah itu sering dilanda tanah longosr. Dia mengatakan, penyebab bencana itu akibat kerusakan lingkungan seperti maraknya penebangan pohon kemiri yang dilakukan masyarakat untuk ditanami jagung.

Padahal menurutnya, tanah di sana sangat labil, karena tingkat kemiringan tanah mencapai 60 derajat, sehingga sangat rawan terjadi longsor.

Sebenarnya, dengan adanya pohon kemiri itu, dapat menahan pergeseran tanah.

Dikatakan, melalui kunjungan kerja yang dilakukan Pemkab Dairi ke daerah itu, sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat, agar memelihara lingkungan dengan cara menanam pohon.(dp)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *