HARGA JAGUNG DI DAIRI NAIK

Sidikalang, (Analisa). Sejak dua pekan ini, harga jagung di pasar pekan Dairi terus mengalami kenaikan. Naiknya harga komoditas membuat petani komoditas tersebut bernafas lega dan semangat.
Pantauan wartawan, Rabu, (5/9) di Pasar Induk Sidikalang dan di beberapa pasar tradisional seperti pasar Tigalingga, Parongil, Tigabaru, Bunturaja, dan Sumbul harga jagung dijual berkisar Rp2.800-Rp3.000/kg, dibandingkan harga sebelumnya hanya Rp2.000-Rp2.500/kg. “Kenaikan harga ini tidak terlepas dari minimnya pasokan di pasar, sebab kami pun menerima pasokan berkurang dari petani yang menyuplai kami selama ini,” kata Obet Sinaga, Sakkap Sitanggang, dan beberapa agen pengumpul jagung di Kota Sidikalang.

Dikatakan, minimnya pasokan tersebut dikarenakan petani sudah melewati masa panen raya, sementara di sisi lain permintaan masih terus meningkat. Kondisi ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk melakukan spekulasi dengan menaikkan harga. “Patut dicermati, kenaikan harga ini sebenarnya juga sangat menguntungka petani,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Pardon Manalu, Esron Silalahi, agen pengumpul jagung di Pasar Bunturaja. (dp)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *