17 LANGKAH MENCEGAH SERANGAN JANTUNG (BAGIAN I)

Berolahraga secara teratur bukan satu-satunya cara mencegah sakit jantung.

LOS ANGELES – Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu bagi laki-laki dan faktanya Anda bisa mencegah agar tidak terkena penyakit jantung. Salah satu cara paling mudah adalah dengan melakukan olahraga teratur.

Selain berolahraga, ada 17 cara mudah lainnya yang bisa dilakukan setiap harinya untuk menghindari serangan dan penyakit jantung, seperti dikutip dari Men’s Health:

1. Minum dua cangkir kopi sehari
Orang yang melakukan kebiasaan ini 11 persen lebih rendah beresiko terkena serangan jantung ketimbang mereka yang tidak minum kopi, menurut penelitian yang dilakukan terhadap 140.000 orang yang diterbitkan tahun ini dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston. Para peneliti mengatakan antioksidan yang terdapat dalam kopi yang membantu mengurangi resiko Anda terkena serangan jantung. Jadi jangan ragu-ragu minum kopi hitam atau bisa juga dicampur dengan susu.

2. Cari tahu penyebab kakek nenek Anda meninggal dunia.
Memiliki saudara yang meninggal karena sakit jantung sebelum berusia 60 tahun, akan dua kali lipat meningkatkan resiko Anda terkena penyakit jantung di usia muda, menurut penelitian yang diterbitkan tahun 2012 di Journal of the American College of Cardiology. Jika Anda termasuk salah satu diantaranya, sebisa mungkin mengontrol gaya hidup Anda: jangan merokok, menjaga berat badan sehat dan berolahraga teratur.

3. Makan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk.
Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi 500 miligram vitamin C setiap hari, maka tekanan darahnya akan munurun secara signifikan dalam dua minggu. Bagaimana caranya? Para peneliti meyakini bahwa vitamin C mampu mengendalikan kadar nitrit oksida yang membantu pembuluh darah mempertahankan tekanan darah normal.

4. Makan buah ceri.
Orang yang makan buah ceri setiap hari, tubuhnya akan lebih sedikit mengalami peradangan, seperti dikatakan sebuah penelitian kecil yang dimuat di Journal of Nutrition.

5. Berjemur di bawah sinar matahari.
Sebuah penelitian yang dirilis tahun ini menemukan bahwa tikus yang terkena paparan lampu lebih terlindungi dari serangan jantung yang diakibatkan kerusakan jaringan ketimbang tikus yang tidak menerima terapi cahaya. Matahari meningkatkan jumlah protein di dalam tubuh yang bisa melindungi jantung, jelas pimpinan peneliti Tobias Eckle, Ph.D., profesor di University of Colorado Denver.

6. Makan makanan pedas.
Ketika para peneliti di Chinese University of Hong Kong mempelajari dampak dari capsaicinoids, – senyawa yang memberikan rasa pada cabai atau jalapenos – pada hamster, hewan pengerat yang diberikan makanan pedas memperlihatkan tingkat kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang lebih rendah ketimbang binatang yang tidak makan makanan pedas. Para peneliti meyakini bahwa capsaicionoids mampu memblokir gen yang bisa menyebabkan pembuluh darah Anda berkontraksi yang membuat otot-otot Anda rileks sehingga aliran darah ke jatung lebih baik.

7. Menurunkan berat badan.
Mengurangi konsumsi sodium saja tidak akan selalu berhasil mencegah terkena penyakit jatung. Tinjauan terhadap 7 penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang mengurangi makan garam tetap mengalami serangan jantung atau stroke sama halnya seperti mereka yang tidak membatasi makan sodium, demikian diungkapkan dalam penelitian yang dimuat dalam American Journal of Hypertension. Mengurangi berat badan adalah cara yang lebih baik: memiliki berat badan ideal bisa mengurangi tekanan darah sebanyak 10-29 poin. Dan berolahraga teratur bisa membuat tekanan darah berkurang 10 poin lebih rendah.

8. Minum bir.
Menurut kajian terbaru terhadap lebih dari 18 penelitian terhadap minum-minuman keras, sama seperti anggur, bir juga baik bagi kesehatan jantung Anda. Minum satu liter bir setiap hari bisa membuat Anda 30 persen lebih sedikit beresiko mengalami stroke, serangan jantung dan penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum bir. Namun harus diingat jangan minum bir berlebihan. Minum bir secukupnya atau dalam kategori sehat, setara dengan minum tidak lebih dari dua minuman beralkohol setiap harinya bagi laki-laki dan bagi perempuan cukup minum satu minuman beralkohol setiap harinya.

9. Minum air putih setiap hari.
Para peneliti di Loma Linda University menemukan bahwa minum lima atau lebih dari 8 gelas air putih setiap hari bisa membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 60 persen. Resiko juga akan berkurang 60 persen ketika Anda berhenti merokok, mengurangi kadar kolesterol LDL Anda, berolahraga, atau sedikit mengurangi berat badan.

10. Selalu bersikap optimis.
Menurut penelitian yang dimuat di Psychological Bulletin, optimis bisa mengurangi 50 persen resiko terkena serangan jantung atau stroke jika dibandingkan dengan mereka yang bersikap pesimis.

11. Menyantap jeruk bali setiap sarapan.
Makan hanya satu buah jeruk bali setiap hari bisa mengurangi kadar total kolesterol Anda dan kadar LDL sebanyak 8-11 persen, sehingga mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung. Buah ini juga memenuhi lebih dari 150 persen kebutuhan harian Anda akan vitamin C.

12. Minum jus cranberry.
Orang yang minum 3 gelas jus setiap harinya akan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) sebanyak 10 persen. Para peneliti menyebut senyawa yang terdapat dalam cranberry, yaitu polyphenol, yang menyebabkan kenaikan kadar kolesterol HDL ini. Tip: Bacalah label kemasan jus cranberry yang Anda minum setidaknya mengandung 27 persen jus cranberry, karena jus seperti ini seringkali dicampur dengan air.

13. Pilihlah padi-padian.
Dalam sebuah penelitian di Tulane University. para peneliti menemukan bahwa orang yang makan empat atau lima porsi makanan seperti padi-padian, dan kacang-kacangan dalam seminggu, akan 22 persen lebih sedikit beresiko mengalami penyakit jantung ketimbang mereka yang makan padi-padian atau kacang-kacangan hanya sekali dalam seminggu.

14. Makan burger.
Tapi pastikan bahwa daging yang Anda konsumsi berasal dari sapi yang hanya diberi makan rumput. Sapi yang makan rumput memiliki lemak sehat yang mirip dengan lemak ikan, seperti salmon. Daging sapi jenis ini juga mengandung vitamin E yang bisa melindungi jantung.

15. Membersihkan rumah.
Menurut penelitian yang diterbitkan tahun ini di Circulation, hanya dua kali setiap minggu melakukan pekerjaan rumah, seperti memotong rumput atau membawa belanjaan bulanan bisa mengurangi peradangan yang tidak sehat di dalam tubuh Anda.

16. Memeriksakan kesehatan.
Meski pun Anda baru berusia 20 tahun-an, Anda bisa mendapat manfaat dari pemeriksaan kardiovaskular. Dokter Anda akan memberikan informasi detil mengenai faktor resiko yang Anda miliki – tekanan darah Anda, sejarah keluarga, kadar kolesterol dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki resiko tinggi, Anda dan dokter Anda bisa bekerjasama untuk melakukan perubahan yang bisa menyelamatkan hidup Anda.

17. Makan banyak serat.
Menurut penelitian yang dilakukan di Swedia, orang yang menjalani pola makan sarat serat 15 persen lebih rendah beresiko terkena penyakit jantung. Pilihlah buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya gizi ketimbang mengonsumsi suplemen atau roti tinggi kandungan serat.
sumber : http://www.shnews.co

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *