TERTUTUP AWAN, KONDISI ANAK GUNUNG KRAKATAU BELUM TERPANTAU

LAMPUNG SELATAN–MICOM: Kondisi Gunung Anak Krakatau hingga siang ini belum dapat terpantau dengan baik. Selain disebabkan alat yang masih rusak, kondisi sekitar gunung itu ditutupi awan tebal.

Kepala Pos Pemantau di Hargo Pancuran Kalianda Lampung Selatan Andi Suardi, Rabu (5/9), mengatakan, menurut prediksi sementara, tidak akan terjadi letusan yang begitu besar.

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza mengatakan akan menggelar apel siaga dalam rangka mencegah sekaligus mengantisipasi kemungkinan akibat pergerakan Gunung Anak  Krakatau.

Menoza juga telah memerintahkan aparat untuk siaga menghadapi kemungkinan letusan gunung itu dengan menyiapkan jalur evakuasi, khususnya bagi warga Kecamatan Rajabasa.

Camat Rajabasa Setiyawansyah menyatakan, wilayah pesisir pantai di Kecamatan Rajabasa telah memiliki jalur evakuasi bencana. Sebab, wilayah pesisir pantai di Kecamatan Rajabasa memiliki potensi bancana tsunami dari aktivitas gunung.

“Kami telah buat jalur evakuasi bila terjadi bencana tsunami maupun gelombang pasang. Baik akibat pengaruh dari aktivitas Gunung Anak Krakatau maupun bencana alam lainnya,” paparnya.

Setiyawansyah meminta warga tetap waspada dan tidak mudah terpengaruh oleh  informasi yang tidak akurat dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Menurutnya, informasi tetang aktivitas GAK yang dapat dipercaya yakni yang dikeluarkan oleh Pos pemantau di Hargo Pancuran Kalianda Lampung Selatan. (NV/OL-04)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *