PEMKO MEDAN DIMINTA BONGKAR BANGUNAN NANYANG

Pemko Medan melalui Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) diminta segera membongkar bangunan gedung seokah Nanyang Thi Zui, di Jalan Seiwijaya. Pasalnya, bangunan pencakar langit itu disebut-sebut tidak menyalahi Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB).

“Jika benar bangunan Nanyang menyalahi perizinan, Dinas TRTB harus bertindak tegas melakukan pembongkaran, karena merugikan negara melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Ketua Tim Investigasi LSM Publik Service Watch Idonesia (PSWI) Marlan Pasaribu kepada wartawan, Selasa (4/9).

Marlan juga meminta aparat hukum agar mengusut oknum pejabat yang diduga bermain di balik pembangunan gedung Nanyang.

“Masa bangunan berdiri megah, tetapi menyimpang dari IMB,” tandas Marlan Pasaribu.

Marlan Pasaribu menegaskan, dengan berdirinya bangunan Nanyang secara nyaman, tentu patut diduga terjadi persekongkolan antara pejabat teras TRTB Medan dengan pemilik sekolah Nanyang.

“Pejabat teras Dinas TRTB diduga terima ‘upeti’ yang cukup besar dari pemilik Nanyang demi pegamanan berdirinya gedung berlantai lima lantai tersebut,” ujar Marlan.

Karena tidak masuk akal, gedung raksasa tersebut dapat dibangun sementara masyarakat sekitarnya menolaknya.

“Sesuai aturan yang berlaku, setiap pembangunan di tengah pemukiman harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari warga sekitarnya,” sebut Marlan.

Sementara sesuai hasil investigasi lapangan, ujar Marlan Pasaribu menyebutkan, pengakuan masyarakat sekitar menyebutkan bahwa pembangunan sekolah disetujui untuk bangunan sekolah berlantai II, yakni untuk sekolah tingkat Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar (SD). Tapi, di lapangan, sekolah itu mulai TK, SD, SMP serta gedung sanggar seni, bela diri, tennis meja, bulu tangkis dan berbagai fasilitas olahraga lainnya.

Apalagi keberadaan sekolah tersebut juga pernah direkomendasikan DPRD Medan untuk dibongkar dan pemberian IMB-nya supaya ditinjau ulang. “Ini merupakan salah satu bukti kuat bahwa ada manipulasi IMB dalam pembangunan Nanyang,” tegas Marlan. (WAN)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *