PEKANBARU WASPADAI LEDAKAN PENDUDUK PASCA-PON

PEKANBARU–MICOM: Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, mewaspadai potensi ledakan pendatang permanen pasca-Pekan Olahraga Nasional ke XVIII di Riau.

“Potensi ledakan pendatang yang nantinya akan menetap atau menjadi permanen di Pekanbaru pascapenyelenggaraan PON sangat besar. Hal itu harus diwaspadai dan jangan justru menjadi beban di kemudian hari,” kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Kamis (6/9).

Saat ini saja, menurut Firdaus, peningkatan jumlah pendatang dari berbagai daerah menjelang PON mendatang ini sudah mulai tampak sangat signifikan. “Saya rasa, sudah ada ribuan pendatang nonkontingen PON yang telah berdatangan untuk mengadu nasib di Pekanbaru. Kebanyakan mereka merupakan pedagang, buruh bangunan, dan lainnya,” kata dia.

Kondisi demikian menurutnya telah berlangsung sejak beberapa pekan lalu dan jumlahnya terus bertambah hingga mendekati hari-hari pertandingan dan pembukaan PON. “Saya belum tahu berapa jumlah pendatang dari luar provinsi di Pekanbaru hingga jelang PON saat ini. Namun perkiraan telah mencapai ribuan,” katanya.

Untuk itu, katanya, lembaga atau instansi terkait telah diminta untuk mewaspadai hal tersebut dengan melakukan pendataan jumlah pendatang melalui berbagai program.

Kepadatan pertambahan jumlah pendatang itu, kata Firdaus, dapat dilihat dari frekwensi arus kendaraan di siang dan malam hari yang begitu padat atau meningkat dibandingkan hari-hari biasanya.

Seperti diketahui pula, katanya, saat ini jumlah penduduk Pekanbaru terdata sekitar 1 juta jiwa. Tercatat pula, demikian Firdaus, tingkat pertumbuhan jumlah penduduk per tahun mencapai lebih 4,47%. Persentase itu menurutnya juga bahkan melebihi rata-rata pertumbuhan penduduk nasional yang masih sekitar 2,9% per tahun. (Ant/OL-04)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *