LAGI, PTPN I TANAM PERDANA DI KEBUN BARU

Langsa-andalas Komisaris dan segenap jajaran Direksi PTP Nusantara I (Persero) Aceh melakukan penanaman ulang perdana bibit pohon kelapa sawit di Afdeling VI, unit Kebun Baru, Langsa, Senin (3/9).

“Secara simbolis Komisaris Utama Prof Dr Syamsuddin Machmud didampingi Diretur utama PTPN-I Ir Wargani serta diikuti seluruh jajaran Komisaris dan Direksi melakukan penanaman ulang tersebut,” ujar Adi Yusfan.

Dijelaskanya, Replanting atau (Penanaman Ulang) kelapa sawit setiap tahunnya dilakukan oleh PTP Nusantara I (Persero) yang dimulai sejak tahun 2000 sampai dengan 2011, telah dilakukan replanting seluas 11.310 hektar.

Khusus tahun 2012 dilakukan replanting tanaman kelapa sawit seluas 2.100 hektar, tanaman baru kelapa sawit seluas 200 hektar, tanaman ulang karet seluas 100 hektar dan tanaman konversi karet ke kelapa sawit seluas 78 hektar,” ujar Adi.

Diretur produksi PTPN-I Abdul Mukti Nasution mengatakan, mulai tahun 2008 seluas 665 ha dan tahun 2009 seluas 1.203 ha dilakukan replanting tanaman kelapa sawit dengan olah tanah secara mekanis yang menggunakan sumber dana internal PTP Nusantara I (Persero).

Namun, seiring adanya kepercayaan dari sektor perbankan, maka sejak tahun 2010-2011, dilakukan replanting tanaman kelapa sawit seluas 4.531 ha dengan sumber pendanaan dari Indonesia Eximbank.

Menurutnya, replanting yang dilakukan oleh PTP Nusantara I (Persero) telah menunjukan hasil yang cukup menggembirakan yaitu pada tanaman tahun tanam 2008 seluas 665 ha, telah mampu berproduksi sebagai Tanaman Menghasilkan Tahun Pertama (TM I) dengan estimasi produktivitas sampai dengan akhir tahun sebesar 15 ton/ha. Diharapkan ke depan akan terus menghasilkan produksi sesuai standard Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS).

“Diharapkan pada akhir November 2012 replanting di Kebun Baru seluas 600 ha dan untuk PTPN I seluas 2.478 ha, termasuk tanaman karet 100 ha rampung dilaksanakan,” ujar Abdul Mukti.

Sementara dalam kegiatan penanaman ulang tersebut, turut dihadiri seluruh Dewan Komisaris, Direksi, sekretaris perusahaan, kepala bagian kantor pusat PTPN-I, serta seluruh Manager kebun/unit di lingkup PTPN-I. (LAN)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *