BULOG KENDALIKAN TIGA KOMODITAS

Beras, Gula, dan Kedelai

MedanBisnis – Jakarta. Pemerintah telah menetapkan Perum Bulog sebagai lembaga stabilisasi harga bagi tiga komoditas pangan utama yakni beras, gula, dan kedelai. Kenapa jagung dan daging tidak?
Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kemampuan Bulog saat ini hanya sanggup menjadi stabilitator beras, gula, dan kedelai. Sementara jagung dan daging sapi belum.”Harus disesuaikan dengan kemampuan Bulog. Baik gudangnya maupun kemampuan finansialnya dan dukungan fiskal.

Karena itu kita memilih komoditas yang betul-betul memberikan pengaruh besar kepada masyarakat. Seperti gula dan kedelai itu memang sangat memberikan pengaruh besar,” tutur Hatta di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Rabu (5/9).

Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memutuskan menugaskan kembali Perum Bulog sebagai stabilisator harga 5 komoditas kebutuhan pokok, yakni beras, jagung, kedelai, gula dan daging sapi.Hal ini agar tidak terulang kejadian kenaikan harga kedelai hingga melonjak 100%.

Hatta mengatakan, untuk daging sapi dan jagung saat ini relatif belum begitu besar pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat.”Hanya kalau kedelai, kemampuan produksi kita juga masih belum besar sedangkan kebutuhan terus meningkat. Jadi kita melakukan dengan pengendalian tata niaganya dengan dikendalikan,” ucap Hatta. (dtf/ant)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *