TOL BELMERA MEDAN GELAP

MEDAN – Lembaga Kepedulian Konsumen Indonesia menilai, ruas sepanjang jalan tol dari Belawan, Medan hingga Tanjung Morawa, Sumatera Utara, masih minim lampu penerangan jalan.

“Pada malam hari sebagian besar jalan di sepanjang tol Belmera (Belawan-Medan-Tanjung Morawa) gelap, karena belum ada lampu penerangan jalan,” kata Ketua Lembaga Kepedulian Konsumen Indonesia (LKKI) Aman Situngkir di Medan, hari ini.

Menurut dia, kondisi ruas jalan tol sepanjang 30 kilo meter lebih yang minim lampu penerangan jalan tersebut rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan tindakan kriminal.

Seharusnya, lanjut dia, PT Jasa Marga (Persero) selaku pengelola jalan tol satu-satunya di Sumatera Utara itu tidak membiarkan sebagian besar ruas jalan bebas hambatan itu gelap pada malam hari.

“Penyediaan lampu penerangan di jalan tol merupakan salah satu bentuk pelayanan yang wajib disediakan oleh PT Jasa Marga,” ujar Aman.

Dikatakannya, LKKI selama ini selalu menerima pengaduan mengenai kondsi ruas tol Belmera yang hingga kini masih relatif minim lampu penerangan jalan.

Sementara itu, Kepala pengelola pintu tol Amplas Medan dan Tanjung Morawa Kisworo membenarkan bahwa sebagian besar jalur tol di wilayah kerjanya belum dipasang lampu penerangan jalan.

“Lampu penerangan jalan baru terpasang sepanjang dua kilo meter, masing-masing dari pintu tol Amplas dan pintu tol Tanjung Morawa,” ujarnya. Kondisi yang hampir sama juga baru terealisasi di pintu tol Belawan dan pintu tol Tanjung Selamat.

Kisworo menambahkan, ruas tol Belmera selama ini masuk kategori jalan tol luar kota, sehingga di sepanjang jalur tol tersebut tidak dominan harus dipasang lampu penerangan jalan.

“Jalur tol Cipularang yang masuk kategori jalan tol luar kota juga hanya sebagian saja yang diberi lampu penerangan jalan,” ucap dia. Namun demikian, kata dia, pihak Jasa Marga secara bertahap akan berupaya menambah jumlah lampu penerangan di tol Belmera.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *