JALINSUM DI BATUBARA BEBERAPA KALI DIPERBAIKI RUSAK LAGI

Batubara, (Analisa). Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Batubara yang sempat beberapa kali diperbaiki akibat rusak, kini kembali berlobang. Padahal secara permanen perbaikan Jalinsum tersebut selesai pada 2011. Baik sesudah maupun sebelum jalan berlobang itu, banyak aspalnya yang ditempel. Terkadang pada beberapa tempat ada yang sampai lebih sepuluh meter.
Pantauan Analisa, Jumat (31/8), Jalinsum Batubara yang kembali berlobang tersebut persis di kawasan Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih, tepatnya antara Rumah Makan Aulia dan Hotel Mutiara Indah.

Aspal jalan kembali terkelupas. Bila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan kerusakannya akan bertambah lebar dan panjang. Demikian juga lobangnya akan semakin dalam. Kendaraan yang setiap saat hilir mudik terpaksa berusaha mengelak agar tidak terperosok ke lobang dan jalan yang rusak tersebut. Warga tidak menduga, Jalinsum itu terlalu cepat rusak.

Selain Jalinsum, beberapa ruas jalan umum provinsi di daerah sama, juga semakin parah kerusakannya. Di antaranya, jalan umum di kawasan Desa Tanah Merah, Tanah Tinggi dan Tanjung Muda menuju perbatasan Kecamatan Bandar Simalungun.

Demikian juga jalan umum yang merupakan bekas access road dari depan Kantor Camat Sei Suka menuju Simpang Es PT Emha. Sama seperti di Tanah Merah, Tanah Tinggi dan Tanjung Muda, lobang jalan pada hampir setiap sektor dan badan jalan bermunculan.

Sampai perbatasan access road yang masih dalam perawatan PT Inalum, kondisi jalan itu rusak. Dari Simpang Es sampai proyek smelter di Kuala Tanjung, kondisi jalan tetap terawat secara baik. Warga menghimbau agar Pemprovsu segera memperbaiki jalan umum provinsi yang kerusakannya semakin parah itu. (al)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *