DPRD: JANGAN KELUARKAN IZIN PT SLJ

MEDAN – Komisi A DPRD Sumut meminta instansi terkait, agar izin Hak Guna Usaha (HGU) PT Sawita Ledong Jaya (SLJ) di Labuhan Batu Utara tidak dikeluarkan.

“PT SLJ belum pernah mengajukan permohonan HGU,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Sumut, Mustofawiyah, sebagai hasil RDP Komisi A DPRD Sumut dengan PT SLJ, Kelompok Tani Karya Lestasri Sukarame Kualuh Kabupaten Labuhan Batu, BPN Labuhan Batu, Polda Sumut, Biro Pemerintahan Setdaprovsu, perwakilan Pemerintahan Labuhan Batu.

Selain itu, untuk instansi terkait dalam pengeluaran HGU kepada PT SLJ tidak menindak lanjutinya. “Apakah itu izin lokasi perkebunan yang diajukan sebagai permohonan HGU tidak akan ditindaklanjuti,” tambahnya, hari ini.

Karena Menteri Kehutanan sudah menegaskan bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan hutan dan sampai sekarang masih kawasan hutan lindung.

Berdirinya PT SLJ dianggap merugikan negera dan merusak kawasan hutan yang menjadi paru-paru dunia. Selain itu, juga telah merugikan warga sekitar karena selama ini tanah tersebut dijadikan sebagai mata pencaharian guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sementara Pihak PT SLJ mengakui belum memperoleh HGU dan sedang dalam proses pengurusan karena untuk memproleh HGU mempunyai proses yang panjang. “Kan kita urus dulu izin lokasi sebagai syarat HGU,” kata Direktur PT SLJ, Elikson.

Saat ditanya kenapa mendirikan sebuah PT yang belum dikeluarkan izin beroperasi, Elikson berkilah kalau PT tempat kerjanya sedang melakukan proses dalam pengurusan. “Ini sedang pengurusan,” jawabnya dengan singkat.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *