BUPATI SERGAI RESMIKAN SMAN 1 SILINDA

Silinda, (Analisa). Pembangunan di bidang pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, termasuk menyongsong bangkitnya generasi emas di daerah.
Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan visi mewujudkan masyarakat yang pancasilais, religius, modern dan kompetitif, dan berwawasan lingkungan berusaha untuk terus mengembangkan sektor pendidikan. Melalui program wajib belajar (wajar) 12 tahun, anak-anak di Kabupaten Sergai dapat menikmati pendidikan gratis mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan menengah atas.

Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir HT Erry Nuradi MSi saat meresmikan gedung Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kecamatan Silinda di Jalan Besar Gunung Meria Desa Silinda, dirangkaikan dengan halalbihalal Idulfitri antara Pemerintah Kabupaten Sergai dengan elemen masyarakat Kecamatan Silinda, Senin (3/9).

Dijelaskan Bupati Erry Nuradi, dengan diresmikan SMAN 1 Silinda, berarti seluruh kecamatan se-Kabupaten Sergai telah memiliki SMA Negeri. Dengan keberadaan SMA Negeri di masing-masing kecamatan akan memberikan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi anak-anak sampai ke pelosok desa sehingga program wajar 12 tahun dapat tercapai, ujar Bupati.

Erry Nuradi mengimbau kepada para orang tua agar mendukung pelaksanaan program wajar 12 tahun dengan menyekolahkan anaknya minimal sampai jenjang pendidikan menengah atas sebagai modal hari depan.

Dengan demikian, peningkatan sektor pendidikan merupakan indikator penting yang sangat mempengaruhi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) sebagai tolak ukur dari pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebelumnya Kadisdik Sergai Drs H Rifai Bakri Tanjung, MAP melaporkan, peresmian SMAN 1 Silinda ini sebagai sarana peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan, dengan tujuan mempercepat penuntasan wajar 12 tahun serta meningkatkan partisipasi pendidikan menengah atas di daerah ini.

Sebagai bentuk apresiasi Pemkab Sergai atas keikutsertaan dan dukungan PT Cinta Raja Kebun Silinda terhadap suksesnya program wajar 12 tahun dengan menyediakan lahan untuk pembangunan gedung SMAN 1 Silinda, Bupati Sergai menyerahkan piagam penghargaan kepada Manager PT. Cinta Raja Kebun Silinda Erwan Ajum.

Halalbihalal

Acara peresmian gedung SMAN 1 Silinda ini dirangkaikan dengan halal bihalal yang diisi dengan tausiyah al-Ustadz H. Samin Pane (Sampan). Dalam tausiyahnya -Ustadz Sampan menyampaikan, manusia harus memiliki 3 hal yang penting yakni iman, ilmu dan seni. Karena dengan iman hidup akan terarah, dengan ilmu hidup akan mudah dan dengan seni hidup akan semakin indah.

Disela acara halal bi halal ini serahkan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap Kedua tahun Anggaran 2012 kepada seluruh Kepala Desa serta penyerahan e-KTP secara simbolis kepada 5 warga Kecamatan Silinda. (bah)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *