AMAN TANO BATAK GARAP FILM KEMENYAN

Dolok Sanggul, (Analisa). Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tano Batak menggarap film documenter bertajuk ritual dan sejarah perkembangan kemenyan di Tanah Batak. Film ini diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk mempertahankan kearifan local masyarakat batak dalam melestarikan lingkungan.
Jhontony Tarihoran selaku Produser Film berjudul Tanaman Purba di Tanah Leluhur mengatakan bahwa film berdurasi sekitar 30 menit tersebut merupakan digarap bersama oleh tim kreatif Aman Tano Batak beserta masyarakat adat pengelola kemenyan. Film documenter ini nantinya akan mengangkat sisi lain dibalik kearifan local dalam mengambil kemenyan termasuk ritual kusus yang merupakanpesan atau amanah dalam menjaga lingkungan di sekitar kemenyan.

“Penggarapansudah dimulai dan hampir 70% pengambilan gambar sudah selesai kususnya di kawasan Pollung dan Dolok Sanggul,” terangnya kepada Analisa, Jumat (8/8) di Dolok Sanggul.

Tarihoran berharap film yang digarap secara swadaya masyarakat ini akan menjadi penganti dogeng untuk generasi ke generasi dalam melestarikan budaya pengelolaan alam untuk kehidupan masyarakat dan alam sekitar di Tanah Batak.

“Keseluruhan film ini digarap secara swadaya masyarakat. Swadaya dalam artian memfasilitasi pembuatan filmnya. Sehingga pembuatan film ini adalah murni dari dukungan masyarakat batak kususnya yang tinggal di kawasan Pollung,” paparnya.

Ditemui terpisah, A Risma Lumban Batu yang merupakan salah satu pelaku dalam film tersebut mengatakan bahwa film yang akan menjadidokumentasi masyarakat adat petani kemenyan ini akan menjadi warisan untuk regenari. Sebab saat ini sudah banyak kebiasaan lamaterkikis oleh kemajuan jaman. Padahal ada banyak nilai yang patut dipertahankan dalam setiap tradisi atau kebiasaan di masa lalu.

“Kalau dari sejumlah gambar yang diambil dari kebiasaan kami itu salah satunya adalah kebiasaan memohon kepada Tuhan sebelum melakukan aktifitas mengambil getah. Semoga saja film ini dapat menjadi dogeng dalam media baru bagi regenerasi kami,” katanya. (ph)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *