WARGA MADINA TUDING DPRD

*Pansus PT Palmaris Habiskan Anggaran Ratusan Juta Rupiah

PANYABUNGAN (Berita): Warga Kecamatan Batahan sangat menyayangkan sikap Ketua, Wakil Ketua DPRD  Mandailing Natal yang membiarkan Pansus PT.Palmaris yang telah menghabiskan anggaran APBD Tahun 2012 lebih tiga ratus juta rupiah, tetapi hasinyal hingga Awal September 2012 tidak ada, karena Ketua Pansus dan anggotanya tidak mengerti keinginan rakyat dan lebih mementingkan kepentingan pribadi dari anggota Pansus.

“Ketua dan Wakil Ketua DPRD Madina harus bertanggung jawab dan meminta pertanggung jawaban dari Ketua Pansus PT Palmaris agar pengaduan warga terkait sengketa antara PT.Palmaris dan masyarakat Batahan dapat terjawab, kalau persoalan itu dibiarkan maka wajarlah warga menuding DPRD Penghiyanat,” ujar Mhd Sugianto mewakil warga Batahan yang datang ke Gedung DPRD Madina, Senin (3/9) untuk menjumpai Pimpinan Dewan yang tidak hadir hari itu.

Menurut Sugianto, pada waktu warganya datang ke DPRD Madina demontrasi menuntut persoalan warga dengan PT Palmaris alangkah manisnya kata-kata dari Ketua Pansus H.Bahri Efendi Hasibuan yang mengatakan bahwa PT Palmaris harus di tutup karena telah merugikan masyarakat yang memiliki tanah di wilayah Kecamatan Batahan.

Kata dia, masyarakat waktu itu sangat salut kepada DPRD khususnya Pansus PT.Palmaris yang di Ketuai oleh Bahri Efendi Hasibuan, karena waktu itu Tim Pansus telah bekerja maksimal baik ke lapangan, RDP dengan berbagai pihak, Konsultasi ke Medan, Jakarta baik ke Pihak Transigrasi di Jakarta maupun DPR.RI yang di perkirakan menelan biaya ratusan juta rupiah.

Ternyata, ujar Sugianto, Pansus tersebut lebih parah lagi dari Pansus PT.Sorikmas Mining yang mana sampai menelan biaya lebih tiga ratus juta rupiah yang di sedot dari anggaran DPRD dalam APBD Tahun 2012 hasilnya nihil, apa ngak penghiyanat namanya itu dan wajar-wajar sajalah rakyat menuding DPRD Penghiyanat, karena Pansus PT Palmaris telah merncoreng muka 40 anggota DPRD 2009-2014.

“Seharusnya KPK, Polisi, Jaksa melihat kondisi ini, jangan hanya Polisi melakukan pemeriksaan terhadap Sekdes atau masalh yang kecil-kecil saja, kami warga Batahan mendukung Polisi, Jaksa dan KPK untuk melakukan penyelidikan kepada Ketua Pansus dan anggota yang telah menyedot anggaran APBD Tahun 2012 Ratusan jurta rupiah,” kata Sugianto di halaman DPRD Madina.

Ketua JAMSU Sumut Iswadi Batubara yang dihubungi wartawan secara terpisah di Panyabungan, juga sangat menyesalkan sikap Ketua Pansus PT Palmaris Bahri Efendi Hasibuan yang tidak membuat pertanggung jawaban terhadap penggunaan anggaran APBD 2012 yang di pergunakan untuk kegiatan Pansus PT Palmaris dan uniknya lagi Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Madina juga tidak punya nyali untuk mempertanyakannya.

“Kalau hasil Pansus PT.Palmaris sudah di Paripurnakan DPRD tentu anggaran itu akan dipertanggungjawabkan melalui anggaran yang telah di keluarkan melalui secretariat DPRD, tapi kegiatan Pansus PT Palmaris mungkin akal-akalan, jadi hasilnya tidak ada, kenapa BPK.RI tidak melihat seperti ini ataupun aparat penegak hukum,” ujar Iswadi Batubara.

Kata dia, pihaknya telah mencium langkah-langkah dari Pansus PT Palmaris untuk main mata dengan Perusahaan, namun untuk mendiamkannya terpaksa hasilnya tidak ada, apakah penggunaan anggaran itu katagori korupsi, kalau menurut kita jelas korupsi dan wajar sekali Pimpinan DPRD untuk mempertanyakannya dan meminta kepada Ketua Pansus dan anggota untuk sama-sama mempertanggung jawabkannya, jangan hanya ketika melakukan konsultasi ke Jakarta mereka ramai-ramai berangkat dan giliran hasilnya tidak ada mereka bungkam. Ini namanya DPRD Madina yang tidak mengerti kepentingan masyarakat dan wajarlah warga menuding mereka penghiyanat.

Sekretaris Komisi 1 DPRD Madina Iskandar Hasibuan yang ditanyakan wartawan, balik bertanya darimana diketahui anggaran Pansus PT Palmaris telah tersedot dari ratusan juta rupiah dari APBD Madina 2012, bukankah hasilnya telah disampaikan Pansus kepada Pemerintah.

“Dari siapa anda tau anggarannya ratusan juta rupiah, inikan masih Lebaran, saya yakin Pansus PT Palmaris akan melakukan langkah terbaik untuk rakyat, sebab saya dengar Pansus telah merumuskan hasilnya, dalam waktu dekat akan diparipurnakan, janganlah kita di bilang penghiyanat, saya yakin Ketua Pansus paham tugasnya,” ujar Iskandar Hasibuan. (rin)
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *