SIBIRU-BIRU SUMBER IKAN MAS

DEVANIA S. MILALA. BIRU-BIRU. Ikan adalah lauk yang sering dicari masyarakat terutama ibu rumah tangga. Namun, cuaca yang tidak bersahabat di laut bisa mengakibatkan harga ikan melambung tinggi sehingga ibu-ibu rumah tangga kebingungan. Walau terkadang masih bisa dig
anti dengan tahu atau tempe atau juga telur, tapi, tidak demikian halnya dengan warga Sibiru-biru. Dengan kemauan mereka yang tinggi, warga Sibiru-biru mampu membudidayakan ikan mas dan mujahir dengan hasil yang memuaskan.

“Selain menambah pendapatan, juga bisa meningkatkan gizi keluarga, kata seorang peternak ikan mas di Sibiru-biru saat dikunjungi oleh Sora Sirulo sedang memanen hasil kolamnya [Minggu 2/9].

Peternak ikan mas Beru Biring ini memang harus memanen kolamnya lebih awal dari sewajarnya karena benteng kolamnya hancur digasak banjir setelah hujan deras kemarin. Namun begitu, hasil panen kemarin cukup memuaskannya karena harga jual panen juga dalam harga normal.

Menurut Beru Biring ini yang mengusahai seluas 0.8 Ha kolam ikan mas di Sibiru-biru, peternakan ikan mas sangat menjanjikan secara ekonomi. “Tapi, asalkan saja tidak ada bencana alam dan hama yang mengganas,” timpalnya.

Seperti halnya panen kemarin, dari 0,3 Ha lahan kolam yang harus dipanen karena tertimpa bencana banjir, dia memanen 2,7 ton ikan mas dengan harga Rp. 19.500/ Kg.
sumber : http://www.sorasirulo.net

 

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *