PEMKAB SAMOSIR SOSIALISASIKAN PEMBERANTASAN KORUPSI

Pangururan, Sumut ( Berita ) :  Jajaran Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, menggelar sosialisasi percepatan pemberantasan korupsi di lingkungan pemerintah daerah setempat, guna meningkatkan upaya pengawasan dan pembinaan aparatur serta pencegahan kebocoran keuangan negara.

“Korupsi merupakan kejahatan berat yang harus segera diberantas, karena implikasi yang ditimbulkannya sangat luas yakni merusak sistem ekonomi, politik dan sosial masyarakat, sekaligus menghancurkan masa depan bangsa,” kata Plh. Bupati Samosir Hatorangan Simarmata di Pangururan, Selasa [04/09].

Menurut dia, sosialisasi itu bertujuan agar para peserta mengetahui seluruh diktum umum maupun diktum khusus yang terkandung di dalam Inpres Nomor 5/2004 tentang peningkatan upaya pengawasan serta pembinaan aparatur untuk meniadakan perilaku korupsi.

Selain itu, kata Hatorangan, juga untuk mencegah berbagai kebocoran dan pemborosan penggunaan keuangan Negara, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD serta mencegah terjadinya praktik-praktik KKN di lingkup Pemerintah Kabupaten Samosir.

Seluruh pejabat penyelenggara pemerintah daerah setempat, lanjut dia, diharapkan melaporkan kekayaannya kepada KPK dan setiap aparat lingkup Pemkab Samosir harus mampu mengembangkan strategi yang tepat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang muaranya untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance).

“Nilai-nilai pemerintahan yang baik, meliputi partisipasi, supremasi hukum, transparansi, akuntabilitas, responsive, efektivitas dan efisiensi harus senantiasa dikembangkan,” katanya.

Hatorangan menyebutkan, fakta integritas yang ditanda tangani, merupakan sebuah terobosan yang diharapkan menjadi pendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, serta akan dicerminkan kondisi birokrasi yang bersih dan bebas KKN.

Dia juga mengajak seluruh jajaran Pemkab Samosir untuk terus meneguhkan komitmen dengan memulai langkah-langkah dukungan upaya pemberantasan korupsi, sebab keberhasilan upaya percepatan pemberantasan korupsi sangat tergantung pada komitmen bersama dalam mewujudkannya.

Sementara itu, Kepala Bagian Ortala Setdakab Samosir, Hotmariani Simbolon menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (3-4 September 2012) itu diikuti seluruh pejabat Eselon II, III serta seluruh pejabat yang wajib lapor harta kekayaan Pejabat Penyelenggara Negara lingkup Pemkab Samosir.

Dikatakannya, guna menyampaikan materi tentang perkembangan kebijakan Pemerintah tentang pemberantasan korupsi, pihaknya mengundang Kabid Fasilitas Pengembangan Program Anti Korupsi, Deputi Bidang Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur Kementerian PAN dan RB, Rois Solihin, MAP sebagai narasumber.

“Strategi nasional tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi, mulai dari Inpres Nomor 5 tahun 2004 tentang percepatan Pemberantasan Korupsi hingga  Perpres Nomor 55 tahun 2012 akan dipaparkan,” kata Hotmariani.  (ant )
sumber: http://beritasore.com

 

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PEMKAB SAMOSIR SOSIALISASIKAN PEMBERANTASAN KORUPSI

  1. Pingback: Fake Watches Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *